Wabup Agam Tutup Festival Perang Manggopoh
×

Adsense

MGID

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 30 Juli 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
69.983 12.105 56.404 1.474
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Wabup Agam Tutup Festival Perang Manggopoh

Minggu, 11 Juli 2021 | 23:00 WIB Last Updated 2021-07-11T17:22:59Z

Irwan Fikri, SH Dt. Parpatiah menyerahkan hadiah kepada pemenang dalam rangkaian kegiatan peringatan Perang Manggopoh
Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri, SH Dt. Parpatiah menyerahkan hadiah kepada pemenang dalam rangkaian kegiatan peringatan Perang Manggopoh ke 113, Minggu 10 Juli 2021.

LUBUK BASUNG, MJNews.ID - Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri, SH Dt. Parpatiah menutup secara resmi rangkaian kegiatan peringatan Perang Manggopoh ke-113, sekaligus menyerahkan hadiah bagi pemenang berbagai perlombaan.

Acara tersebut di lokasi acara, persisnya di Kawasan Wisata Garuda Mas, Batu Hampar, Kenagarian Manggopoh, Minggu 10 Juli 2021.

Acara puncak rangkaian peringatan perjuangan Mandeh Siti Manggopoh melawan penjajahan itu berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

Irwan Fikri, SH Dt. Parpatiah bangga berada di tengah masya rakat Manggopoh. Di nagari ini banyak lahir para pejuang kemerdekaan yang tak mau tunduk pada penjajahan. 
"Saya bangga berada di tengah masya rakat Manggopoh, berada di nagari yang menorehkan tinta emas di lembar sejarah kemer dekaan," katanya.

Pihaknya mengapresiasi semangat masyarakat Manggopoh yang masih konsisten memperingati satu lembar sejarah perjuangan di Kabupaten Agam.

Diharapkan konsitensi tersebut terus terpupuk di tengah-tengah masyarakat.

Patriotisme Mandeh Siti Manggopoh tidak hanya untuk dikenang, tapi juga untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Peringatan Perang Manggopoh merupakan wujud kontribusi masyarkat dalam mengisi kemerdekaan. "Tidak ada artinya perjuangan para pejuang, jika generasi penerus tidak mampu mengisi kemerdekaan dengan hal positif,"katanya.

Kontribusikan apa yang bisa, sekecil apapun akan berarti dalam mengisi kemerdekaan, seperti acara festival ini.
Untuk itu pihaknya berterima kasih kepada panitia dan tokoh masyarakat yang telah menyukseskan kegiatan ini.

Wali Nagari Manggopoh, Ridwan, A.Md Dt.Tumbijo menje laskan, rangkaian acara peringatan Perang Manggopoh merupakan agenda tahunan masyarakat setempat.

"Tahun ini berbagai rangkaian acara kembali dilakukan, mulai malam renungan suci, upacara peringatan, berbagai lomba dan kreatifitas anak nagari," katanya.

Melalui rangkaian peringatan itu sekaligus menjadi momen yang menyatukan masyarakat Manggopoh.

Peringatan Perang Manggopoh tahun ini sedikit berbeda di banding tahun sebelumnya. Tahun ini rangkaian acara dilangsungkan dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

"Kegiatan ini berjalan dengan lancar, kami beserta panitia sangat mewanti-wanti penerapan prokes, agar tidak terjadi penyebaran virus corona di rangkaian acara ini," katanya.

(emg)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update