Warga Padang Panjang Kian Antusias Ikut Vaksinasi
×

Adsense

MGID

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 30 Juli 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
69.983 12.105 56.404 1.474
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Warga Padang Panjang Kian Antusias Ikut Vaksinasi

Minggu, 11 Juli 2021 | 11:39 WIB Last Updated 2021-07-11T04:39:24Z

Vaksinasi di Padang Panjang
Vaksinasi di Padang Panjang. (kominfo)

PADANG PANJANG, MJNews.ID - Upaya pemutusan mata rantai Covid-19, Dinas Kesehatan (Dinkes) Padang Panjang kembali fasilitasi pelaksanaan vaksinasi untuk warga. Sebanyak 1.160 orang divaksinasi di sejumlah lokasi, Sabtu 10 Juli 2021.

Kepala Dinkes, Nuryanuwar menyampaikan, dari 1.160 orang yang divaksinasi, 999 di antaranya melaksanakan vaksinasi dosis pertama, dan 161 melakukan vaksinasi dosis kedua.

"Hari ini vaksinasi difasilitasi di empat tempat yang berbeda. Yaitu di Koramil, Kelurahan Bukit Surungan, Kelurahan Guguk Malintang, dan Kelurahan Kampung Manggis," sebutnya.

Dikatakannya, program vaksinasi ini dilakukan setelah ada kebijakan dari Kementerian Kesehatan bahwa kegiatan vaksinasi sudah bisa direalisasikan kepada masyarakat rentan, masyarakat umum, dan remaja dengan rentang usia 13 sampai 18 tahun.

"Kegiatan vaksinasi ini akan terus dilakukan sampai semua masyarakat bisa mendapat vaksinasi. Yang dilaksanakan atas kerja sama semua pihak dengan Dinas Kesehatan beserta seluruh puskesmas," tuturnya.

Lebih lanjut Nuryanuwar mengatakan, persentasi pelaksanaan vaksinasi di Padang Panjang sudah mencapai angka 70% dari jumlah penduduk. Sampai tahap ini, Dinkes masih menggunakan vaksin Sinovac.

Vaksinasi yang dilakukan di tiap kelurahan, katanya, dikarenakan animo dan keinginan masyarakat yang tinggi. Dia juga mengimbau masyarakat untuk tidak termakan hoax, dan tidak perlu ragu lagi untuk datang langsung ke fasilitas dan gerai vaksinasi yang sudah disediakan.

Sebagai informasi, bila jumlah 1.160 orang yang melakukan vaksinasi di tiap kelurahan ini ditambah dengan data vaksinasi yang dilaksanakan di Gerai Vaksinasi Presisi Polres yang berjumlah 903 orang, maka untuk hari ini total warga yang divaksinasi 2.063 orang.

Vaksinasi di Gerai Vaksinasi Presisi
Sementara itu, 903 orang divaksinasi dalam kegiatan Gerai Vaksinasi Presisi yang digelar Polres Padang Panjang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Sabtu 10 Juli 2021 di Mako Polres Padang Panjang.

Kepala Dinkes, Nuryanuwar mengatakan, Gerai Vaksinasi Presisi merupakan pelaksanaan vaksinasi dosis kedua bagi yang sudah melakukan vaksinasi dosis pertama pada 26 Juni lalu. "Selain pelaksanaan vaksinasi dosis kedua, kita juga tetap melayani masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi dosis pertama," ucapnya yang dikutip dari Kominfo.

Dari total 903 orang, Nuryanuwar menjelaskan, 529 orang melakukan vaksinasi dosis pertama dan 374 orang lainnya divaksinasi dosis kedua.

Lebih lanjut ia mengatakan, pelaksanaan vaksinasi tersebut difasilitasi vaksinator dari Puskesmas Kebun Sikolos, Puskesmas Bukit Surungan dan Puskesmas Gunung.

Sementara itu, Kapolres, AKBP Apri Wibowo, SIK menyampaikan, upaya pemutusan mata rantai penularan Covid-19, sesuai instruksi kapolri dan kapolda Sumatera Barat, maka pihaknya bekerja sama dengan Dinkes untuk mengadakan Gerai Vaksinasi Presisi ini.

"Gerai Vaksinasi Presisi dilakukan di Mapolres dengan target masyarakat umum rentang usia remaja (umur 13-18 tahun) sampai lansia. Juga 15 narapidana yang saat ini dibina di Polres," jelasnya.

Selain itu, Apri juga menyampaikan, kegiatan adalah ini bentuk bhakti kesehatan Bhayangkara untuk negeri. "Salah satunya penargetan vaksinasi kepada anggota Polri untuk ruang lingkup Polres Padang Panjang yang saat ini sudah mencapai angka 99 persen,” tuturnya.

(ndy)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update