Anggota DPR Hermanto Serahkan Bantuan Alsintan untuk 27 Poktan Tanah Datar
×

Adsense

Adsense Mobile

Adsense

Anggota DPR Hermanto Serahkan Bantuan Alsintan untuk 27 Poktan Tanah Datar

Jumat, 13 Agustus 2021 | 07:00 WIB Last Updated 2021-08-13T00:00:00Z


alsintan bantuan Anggota DPR Hermanto
Satu unit alsintan bantuan Anggota DPR Hermanto, diparkir di halaman kantor Dinas Pertanian Tanah Datar, menjelang diserahkan kepada 27 kelompok tani di daerah tersebut. (musriadi musanif)

TANAH DATAR, MJNews.ID - Kendati sebagian besar masyarakat Kabupaten Tanah Datar hidup dari usaha bertani, namun lahan pertanian semakin berkurang. Karenanya, dibutuhkan berbagai upaya untuk meningkatkan produksi.

Demikian dikatakan Bupati Tanah Datar diwakili Staf Ahli Nusyirwan, Kamis 12 Agustus 2021, di Pagaruyuang, saat memberi sambutan pada kegiatan penyerahan bantuan Anggota DPR Hermanto, berupa alat dan mesin pertanian (alsintan) untuk 27 kelompok tani (poktan) se-daerah berjuluk Luak Nan Tuo itu.

Menurutnya, lantaran sebagian warganya hidup dari bertani, maka sudah sejak lama dikenal Tanah Datar adalah penghasil produk-produk pertanian, terutama padi dan sayur-mayur.

"Saat ini lahan pertanian berkurang karena berbagai sebab. Dengan lahan yang semakin sedikit tersebut, petani diharap mampu meningkatkan produktivitas. Dibutuhkan berbagai cara dan inovasi, salah satunya adalah dengan menggunakan alsintan,” sebutnya.

Pemkab Tanah Datar, sebut Nusyirwan, menyampaikan terima kasih kepada Anggota DPR Hermanto, karena telah memberikan bantuan alsintan. Semoga, katanya, peralatan tersebut bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, sehingga dapat mengurangi biaya produksi.

Hermanto memberikan bantuan 27 unit alsintan, terdiri dari 17 unit mesin pratanam dan sepuluh unit pascapanen. Untuk pratanam meliputi satu unit TR-4, enam unit TR-2, dua unit cultivator, dan delapan unit pompa air untuk Poktan di Kecamatan Rambatan, Lima Kaum, Batipuh, Pariangan, Lintau Buo Utara, Batipuh Selatan, Sungai Tarab, Tanjung Emas, dan Lintau Buo.

Sedangkan alsintan pascapanen terdiri dari dua unit power thresher, empat unit power thresher multiguna, tiga unit corn sheller, dan satu unit corn sheller mobile untuk Poktan di Lintau Buo Utara, Salimpaung, Batipuh Selatan, Lintau Buo, Rambatan, dan Sungai Tarab.

Hermanto pada kesempatan itu mengatakan, sektor pertanian harus mampu bertahan di tengah kondisi negara yang mengalami penurunan di berbagai sektor kehidupan. Dengan bantuan alsintan tersebut, Hermanto berharap, para petani Tanah Datar dapat terbantu.

Dia berpesan, setiap poktan atau gabungan poktan bisa merawat, menjaga, dan memanfaatkan alsintan itu dengan maksimal. Selain akan menambah aset poktan, tegasnya, bantuan itu juga dapat membantu meningkatkan hasil pertanian, sehingga meningkatkan ekonomi masyarakat tani.

Kepala Dinas Pertanian Tanah Datar, Yulfiardi, pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada Hermanto, karena memberikan bantuan yang amat dibutuhkan dan bermanfaat dalam usaha meningkatkan produksi pertanian, sekaligus meningkatkan taraf ekonomi masyarakat tani.

(mus)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update