Keltan Sekar Arum Purworejo Terima Bantuan RMU dari Kementan
×

Adsense

Adsense

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 20 September 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
88.796 1.929 84.780 2.087
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Keltan Sekar Arum Purworejo Terima Bantuan RMU dari Kementan

Senin, 30 Agustus 2021 | 23:00 WIB Last Updated 2021-08-30T16:19:14Z

Keltan Sekar Arum Purworejo Terima Bantuan RMU dari Kementan
Keltan Sekar Arum Purworejo Terima Bantuan RMU dari Kementan.

PURWOREJO, MJNews.ID - Bantuan alat pasca panen Rice Mill Unit (RMU) dari Kementerian Pertanian Pusat diterima Kelompok Tani (Keltan) Sekar Arum Desa Wingko Tinumpuk, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Paket dana RMU senilai Rp. 500.000.000 yang diterima akan digunakan untuk membangun gedung sebesar Rp. 180.000.000 dan pembelian mesin rice mill kapasitas besar Rp. 320.000.000 ditambah swadaya anggota Rp. 17.000.000

Dengan terbangunnya mesin rice mill kapasitas besar ini nantinya kelompok tani bisa menampung dan mengolah hasil panen padi dari anggota dan masyarakat sekitar untuk di olah dan dikemas sehingga ada nilai tambah yang akan diterima anggota kelompok tani.

Seperti kita ketahui bahwa Kecamatan Ngombol, Purwodadi dan sekitarnya merupakan daerah penghasil padi terbesar di wilayah Purworejo bagian selatan. Sementara alat pengolah padi atau mesin penggilingan (rice mill) yang ada kebanyakan hanya kapasitas kecil sampai sedang itupun milik perorangan.

Ketua Kelompok Tani Sekar Arum, Hartono berharap setelah MRU beroperasi temen temen anggota dan masyarakat sekitar bisa memanfaatkannya untuk kesejahteraan bersama. Kalau kemarin gabah hasil panen banyak yang dibawa keluar daerah Purworejo,sehingga pedagang padi/gabah lokal disini kurang bisa menikmati hasil panen padi yang ada.

Kalau bisa ke depannya pedagang luar tidak membeli gabah langsung ke petani tapi membeli sudah dalam bentuk beras dari kita supaya pemberdayaan masyarakat petani lokal bisa lebih sejahtera," harapnya.

Sementara Yogo Trianto Rudito sebagai tenaga ahli dari Ir Panggah Susanto anggota DPR RI berharap agar MRU ini bisa dirawat dan digunakan sebaik mungkin. Ini adalah aspirasi Pak Ir Panggah Susanto, Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi Golkar dari Dapil 6 yang kita usulkan untuk Kelompok Tani Sekar Arum Desa Wingko Tinumpuk.

Pada Senin 31 Agustus 2021, Ir Panggah Susanto menyempatkan hadir untuk meninjau langsung kegiatan pembangunan MRU di Desa Wingko Tinumpuk, Kecamatan Ngambol setelah sebelumnya berkunjung ke Desa Sidarum, Kecamatan Kutoarjo dan Desa Banjarejo, Kecamatan Bayan yang ddampingi Wakil Bupati Purworejo, Hj Yuli Hastuti, SH dan dari BTPT Provinsi Jawa Tengah.

Dalam sambutannya, beliau berharap bantuan dari pemerintah ini bisa digunakan untuk kesejahteraan petani. Beliau berjanji akan terus menyampaikan suara para petani sampai di Senayan sana.

"Kalau petaninya sejahtera negara akan kuat sehingga tujuan swasembada pangan akan dicapai," imbuhnya.

(fix)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update