KWT Anggrek Asri Purworejo Dikunjungi Kementerian Pertanian
×

Adsense

Adsense Mobile

Adsense

KWT Anggrek Asri Purworejo Dikunjungi Kementerian Pertanian

Jumat, 13 Agustus 2021 | 16:30 WIB Last Updated 2021-08-13T11:39:05Z


KWT Anggrek Asri Purworejo Dikunjungi Kementerian Pertanian Pusat
KWT Anggrek Asri Purworejo Dikunjungi Kementerian Pertanian Pusat.

Purworejo, MJNews.ID - Pekarangan Pangan Lestari (P2L) program pemerintah yang dilaksanakan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Anggrek Lestari Perumahan Pepabri Borokulon, Kecamatan Banyurip, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, mendapat kunjungan dari pejabat Kementerian Pertanian Pusat.

Kepala Pusat Keanekaragaman Konsumsi dan Keamanan Ir. Wasit Taufik, MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa program pemerintah melalui Kementerian Pertanian Pusat itu banyak salah satunya P2L. Tentu semua itu untuk kesejahteraan masyarakat khususnya para petani di seluruh Indonesia.

P2L ini menitikberatkan pada pemberdayaan pekarangan yang tidak atau kurang produktif menjadi lahan pangan lestari. Ada 4 macam kegiatan yang perlu diperhatikan dalam program P2L yaitu : pembuatan rumah bibit, lahan demplot, tanaman dan pasca panen.

Diharapkan ibu-ibu yang tergabung dalam KWT nantinya bisa mendapat hasil dari apa yang ditanam di halaman atau lingkungan rumah tinggalnya.

Sementara Kasi Konsumsi dan Pertahanan Keamanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, Lusia Sri Winarni Susilowati, SE, M.Si yang ikut mendampingi kegiatan mengapresiasi semangat KWT Anggrek Lestari dalam melaksanakan kegiatan. Bahkan saat keliling untuk melihat keanekaragaman tanaman yang ada, merasa senang dan betah tinggal di sini.

"Kalau semuanya ada, tidak perlu keluar jauh hanya untuk mencari kebutuhan dapur kita," tuturnya.

Sementara Sekretaris Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo, Sukusnanto didampingi Lurah Borokulon, Muh Khabib berharap, KWT Anggrek Asri tidak cukup di sini saja dalam menanam sayur sayuran tapi terus berkesinambungan walaupun program ini berakhir nanti.

"Kalau semua ibu-ibu di komplek ini menanam sayur dan buah maupun bumbu dapur terus hasilnya dapat ditampung salah satu anggota KWT dan dijual akan mendatangkan rupiah sehingga bisa menambah penghasilan keluarga," katanya.

Ketua KWT Anggrek Asri, Choirunisa merasa lega dan senang mendapat kunjungan dari Jakarta, mudah-mudahan ini bisa menambah semangat kami kelompok wanita tani di Borokulon.

Semua tidak lepas dari dorongan semangat dan supportnya Pak Yogo Trianto selaku tenaga ahli Panggah Susanto, anggota DPR RI Fraksi Golkar.

(fix)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update