Murid SDN 01 Taeh Baruah Aira Sharifa Juara Lomba Bertutur Tingkat Sumbar
×

Adsense

Adsense Mobile

Adsense

Murid SDN 01 Taeh Baruah Aira Sharifa Juara Lomba Bertutur Tingkat Sumbar

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 03:00 WIB Last Updated 2021-08-13T20:00:00Z


Para pemenang lomba bertutur
Para pemenang lomba bertutur bersama Kabid Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumbar, Armyson Amran, usia lomba beberapa waktu lalu. (ist)

PADANG, MJNews.ID - Aira Shafira menjadi pemenang dalam lomba bertutur bagi murid SD dan Madrasah Ibtidaiyah. Murid SDN 01 Taeh Baruah Lima Puluh Kota itu akan mewakili Sumbar pada lomba serupa di tingkat nasional pada September 2021.


Juara II diraih Cory Ramadhany Putri Maelani, murid SDN 12 Tabek Patah, Tanah Datar, juara III diraih Khaiyira Dwi Andriga dari SDN 02 Pasar Pandan Air Mati, Kota Solok.


Harapan I diraih Terik Puti Elahar dari SD IT Madani Islamic School, Kota Payakumbuh, harapan II diraih Marsyifa Darlis Azzahra, murid SDN 15 Ulu Gadut Padang. Sedangkan harapan III diraih Aiy Syatul Zahra, dari SDN 05 Pauh Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman.


Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumbar, Wardarusmen mengapresiasi para pemenang lomba.

“Pesan kami, teruslah tekun belajar di setiap waktu dan kesempatan sumbangkan kreativitas Ananda semua untuk kemajuan pembangunan bangsa dan negara yang sama-sama kita cintai ini nantinya,” kata Wardarusmen, Kamis 12 Agustus 2021.


Dikatakannya, lomba membaca sangat berkaitan dengan kemampuan membaca, sebab faktor penting dalam mengembangkan wawasan, pola pikir, dan pemahaman terhadap beragam konteks kehidupan masyarakat. Upaya pembudayaan kegemaran membaca dilakukan melalui tiga jalur yaitu Keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat.


Menurut dia, bertutur adalah proses percakapan dengan bahasa yang santun sehingga saat anak membawakan cerita dapat lebih santun dan terlatih tutur bahasanya.


Dengan lomba seperti ini, diharapkan tingkat membaca anak-anak, tutur bahasanya juga dapat lebih santun dan pengetahuannya tentang cerita budaya lokal dapat ditingkatkan serta dilestarikan, sehingga generasi penerus mengetahui budayanya, kreatif, cerdas dan inovatif yang selalu dekat dengan perpustakaan.


Kegiatan-kegiatan yang sifatnya membangun kreativitas dan pelestarian selalu dimunculkan, seperti penyelenggaraan lomba Bertutur bagi siswa-siswi Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah tingkat Provinsi Sumatera Barat.


(***)

loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update