Siswa MTsN 4 Pasaman Ikuti Lomba Bonjol Berpuisi 2021
×

Adsense

Adsense Mobile

Adsense

Siswa MTsN 4 Pasaman Ikuti Lomba Bonjol Berpuisi 2021

Minggu, 15 Agustus 2021 | 12:00 WIB Last Updated 2021-08-15T05:00:00Z


Siswa MTsN 4 Pasaman Ikuti Lomba Bonjol Berpuisi 2021
Siswa MTsN 4 Pasaman Ikuti Lomba Bonjol Berpuisi 2021.

Bonjol, MJNews.ID - Masih dalam rangka memperingati HUT RI ke-76 tanggal 17 Agustus nanti, dan juga sebagai upaya pemerintah Kecamatan Bonjol untuk mewujudkan program Bonjol Literat, MTsN 4 Pasaman kembali berpartisipasi mengikuti lomba baca puisi dengan berlatar Museum Tuanku Imam Bonjol, Kamis 12 Agustus 2021.

Sebelumnya, MTsN 4 Pasaman juga sudah mengikuti lomba cipta puisi akhir Juli lalu. Siswa MTsN 4 Pasaman yang diikutkan dalam Lomba Baca Puisi ini adalah Helga Perwara Rafdy (kelas IX) dan Nada Royya (Kelas IX). 

Sesuai dengan petunjuk lomba yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kecamatan Bonjol serta unsur pegiat literasi yang turut menyukseskan, pemilihan latar untuk perekaman video diberi pilihan antara lokasi madrasah dan tempat yang identik dengan Tuanku Imam Bonjol.

Sebenarnya ada satu lagi lokasi yang identik dengan perjuangan Tuanku Imam Bonjol yaitu Gunung Tajadi yang berlokasi tak jauh dari madrasah. Tapi guru pembimbing, Dermi. S dan Resti Novelina sepakat pengambilan video berlokasi di Museum Tuanku Imam Bonjol. 
Alasan pemilihan lokasi ini karena suasana di dalam Museum yang tenang dan sunyi sehingga bisa membantu fokus Helga dan Nada. Di samping itu, Museum sarat dengan bukti perjuangan dan sisa peninggalan Tuanku Imam Bonjol.

Diharapkan, dengan melihat bukti perjuangan dan peninggalan yang ada di museum, peserta lomba baca puisi mampu menghayati, meresapi, dan memaknai baris-baris puisi yang dibaca dengan penuh khidmat dan penjiwaan yang menyeluruh. 

"Museum Tuanku Imam Bonjol dipilih karena beberapa alasan. Selain lokasi dalam museum yang sunyi dan tenang, suara siswa yang direkam terdengar lebih jelas dan lantang. Tak hanya itu saja, suasana di dalam museum kentara dan kental dengan 'Tuanku Imam Bonjol'. Hal inilah yang diharapkan mampu membakar semangat dan penjiwaan peserta lomba, sehingga mereka menjadi lebih menjiwai lagi saat membacakan puisi" ujar Dermi S, salah seorang pembimbing. 

Saat dihubungi secara terpisah, Kepala MTsN 4 Pasaman, Hj. Raflis menunjukkan dukungan atas setiap momen perekaman video lomba yang akan dikirim itu nantinya. 

"Terima kasih kepada guru pembimbing dan ananda peserta lomba. Semoga sukses selalu dan bisa menjadi pemenang nantinya," harap perempuan berkacamata itu.

(***) 
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update