Tiba di Rote Ndao, Ketua DPD RI Ziarah ke Makam Raja-Raja Termanu
×

Adsense

Adsense

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 21 September 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
88.879 1.915 84.873 2.091
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Tiba di Rote Ndao, Ketua DPD RI Ziarah ke Makam Raja-Raja Termanu

Sabtu, 28 Agustus 2021 | 17:00 WIB Last Updated 2021-08-28T11:42:50Z

Ketua DPD RI Ziarah ke Makam Raja-Raja Termanu
Ketua DPD RI Ziarah ke Makam Raja-Raja Termanu. (dpd)

ROTE NDAO, MJNews.ID - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur. LaNyalla mengawali rangkaian kunker dengan berziarah ke kompleks kuburan Raja-Raja Termanu.

LaNyalla tiba di Pulau Rote, Sabtu 28 Agustus 2021 pagi.

Dalam kunjungan kerjanya di Pulau Rote, LaNyalla didampingi Senator asal Lampung Bustami Zainuddin, Senator asal Sulawesi Selatan, Andi Muh Ihsan, dan Senator asal NTT Angelius Wake Kako.

"Saya berharap bisa menyerap banyak aspirasi dari kunjungan kerja di Pulau Rote ini, agar kita bisa memberikan solusi terbaik," ujar LaNyalla.

Kegiatan pertama LaNyalla dan rombongan saat tiba di Pulau Rote adalah berziarah di Kompleks Kuburan Raja-Raja Kerajaan Termanu.

Di tempat ini, LaNyalla mendapatkan keterangan mengenai komplek kuburan dari Raja Termanu Vicoas Amalo. 

"Peran kerajaan nusantara terhadap NKRI tidak kecil. Oleh karena itu, kita akan berupaya agar pemerintah memberikan pertanian dan turut melestarikan kerajaan-kerajaan di Nusantara," tuturnya.

Kompleks makam yang menghadap ke laut timor, merupakan tempat peristirahatan terakhir dua Raja Lole, yaitu Raja keempat yang bernama Kila Pelo dan anak keduanya yang menjadi Raja Lole dengan nama Pau Kila.

Di kompleks ini, terdapat kuburan Raja dan keluarga, ada juga kuburan pembantu, pengawal Raja, namun adapun pembatas antara kuburan raja dan kuburan pembantu dan pengawal dengan menggunakan batu.

Kuburan ini dibuat dengan batu nisan di sebelah barat dan badan kubur di sebelah Timur. Tingginya dibuat berdasarkan status. 

Ada tujuh kuburan yang masih bisa terlihat jelas, dan ada beberapa yang sudah runtuh akibat serangan alam. Batu-batu pembatas kuburan keluarga Raja dan pembantu serta pengawal tidak tampak tarlalu jelas dan hampir rata dengan tanah.

LaNyalla berharap makam-makam ini bisa dijaga kelestariannya. “Bila perlu dikelola dengan baik agar bisa menjadi destinasi wisata. Sehingga ada nilai tambah, dan ini akan bermanfaat buat Rote Ndao dan juga untuk kerajaaan," paparnya.

Raja Termanu, Vicoas Amalo mengaku sangat bangga dan angkat topi terhadap ketua DPD RI, dengan khidmat ketua DPD RI melakukan ziarah dengan menabur bunga.

"Kami ini sekarang seperti sudah seperti punya ayah di Republik ini. Ayahnya adalah pak Nyalla. Terima kasih pak Nyalla mau hadir di Rote. Dengan kunjungan ini membuat kami semakin mantap bahwa Kerajaan-Kerajaan di Indonesia akan tetap eksis dan terus mewariskan budaya dari Kerajaan untuk Indonesia,” kata Raja Termanu.

(rls/dpd)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update