Tingkatkan Sinergitas, APKASI dan APEKSI Sumbar Silaturahmi di Cinangkiek Solok
×

Adsense

Adsense Mobile

Adsense

Tingkatkan Sinergitas, APKASI dan APEKSI Sumbar Silaturahmi di Cinangkiek Solok

Selasa, 03 Agustus 2021 | 18:00 WIB Last Updated 2021-08-03T11:07:20Z


APKASI dan APEKSI Sumbar Silaturahmi di Cinangkiek Solok
APKASI dan APEKSI Sumbar Silaturahmi di Cinangkiek Solok. (humas)

TANAH DATAR, MJNews.ID - Asosiasi Pemerintah Kabupaten seluruh Indonesia (APKASI) dan Asosiasi Pemerintah Kota seluruh Indonesia (APEKSI) Wilayah Provinsi Sumatera Barat, mengadakan forum silaturahmi dan persaudaraan, yang dilaksanakan pada hari Selasa 3 Agustus 2021 di Aula objek wisata Cinangkiek Kabupaten Solok.

Pada acara yang digagas langsung Korwil APKASI Provinsi Sumatera Barat yang juga sebagai Bupati Tanah Datar Eka Putra tersebut dihadiri Ketua Umum APKASI yang juga Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Wakil Sekretaris Jenderal APKASI yang juga Bupati Sijunjung Beny Dwipa Yuswir, Korwil APEKSI Sumbar sekaligus sebagai Walikota Pariaman Genius Umar, Bupati Solok selaku tuan rumah H. Epyardi Asda, Bupati dan Walikota se-Provinsi Sumatera Barat serta undangan lainnya. 

Bupati Solok H. Epyardi Asda selaku tuan rumah pada kesepakatan itu menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh undangan yang hadir, dan pihaknya juga merasa sangat bangga karena telah ditunjuk sebagai menjadi tuan rumah perdana kegiatan ini.

"Kami berharap kegiatan seperti ini bisa lebih meningkatkan lagi tali persaudaraan dan tali silaturahmi antar Bupati dan Walikota se-Provinsi Sumatera Barat," kata Epyardi Asda. 

Epyardi Asda juga mengharapkan pertemuan ini bisa dimanfaatkan untuk saling berbagi informasi, dan akan memunculkan ide-ide cemerlang untuk pembangunan Sumatera Barat lebih baik lagi.

"Selaku kepala daerah kita tentu sangat membutuhkan banyak informasi dan ide serta bantuan dari yang lainnya, untuk itu kami mengharapkan kegiatan seperti ini tetap berlanjut sehingga ide dan informasi akan selalu bisa kita terima dan berikan," harapnya. 

Di lain pihak Perwakilan Walikota se-Sumatera Barat disampaikan Walikota Pariaman Genius Umar sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya kebersamaan seperti ini akan memperkuat dan mempercepat pembangunan di Sumatera Barat. 

Bupati Tanah Datar selaku Koordinator Wilayah (Korwil) APKASI Provinsi Sumatera Barat dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Bupati Solok yang telah memfasilitasi tempat acara silaturahmi ini.

Eka Putra juga menyampaikan bahwa sejak ditetapkan sebagai Korwil APKASI Provinsi Sumatera Barat pada 19 Juni yang lalu oleh Dewan Pengurus APKASI, sangat menyambut baik tugas dan amanah yang dibebankan kepadanya.

"Ini sebuah amanah yang dipercayakan untuk mensinergikan koordinasi dan komunikasi antar kepala daerah, terutama dalam mendorong pembangunan dan pemulihan ekonomi akibat pandemi covid-19. Kami merasa saat ini sudah saatnya bagi seluruh kepala daerah untuk membangun daerah dengan konsep saling bersinergi," ujar Eka Putra. 

Lebih lanjut Bupati Eka Putra mengharapkan agar forum APKASI dan APEKSI bisa melahirkan solusi terhadap permasalahan-permasalahan dalam penyelenggaraan pemerintahan yang terjadi di daerah masing-masing. 

Disampaikan Eka Putra, secara garis besar forum APKASI memiliki 4 (empat) program untuk memajukan seluruh anggotanya, di antaranya ada program Advokasi, peningkatan kapasitas anggota, fasilitasi pengembangan potensi dan perekonomian daerah serta pengembangan kapasitas organisasi. 

"Untuk itu, melalui keempat program ini ke depan mari kita bersama-sama mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik atau Good Governance," ajak Eka Putra yang dikutip dari laman pemkab.

Sementara Ketua Umum APKASI Sutan Riska Tuanku Kerajaan dalam sambutannya mengatakan APKASI berjuang untuk keberhasilan bersama, bukan individu daerah masing-masing, dan menurutnya kegiatan seperti ini sangat penting untuk menyatukan suara.

"Apabila komunikasi lancar dan silaturahmi terjalin dengan baik antar kepala daerah maka tidak akan ada permasalahan yang tidak bisa diselesaikan," kata Sutan Riska. 

Lebih lanjut Sutan Riska menyebutkan bahwa kebersamaan ini adalah hal baru di Sumatera Barat, karena sebelumnya belum pernah terjadi, untuk itu selaku ketua umum APKASI dirinya mengajak kepada seluruh kepala daerah untuk bersama-sama membangun Sumatera Barat ke depan lebih baik dan lebih kompak lagi.

(hms/ben)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update