Duh! 300 Los Pasar Tradisional di Pasar Bawah Bukittinggi Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp 2 Miliar
×

Adsense

Adsense Mobile

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 26 September 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
89.140 1.401 85.625 2.114
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Duh! 300 Los Pasar Tradisional di Pasar Bawah Bukittinggi Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp 2 Miliar

Sabtu, 11 September 2021 | 15:30 WIB Last Updated 2021-09-11T12:33:41Z

Los Pasar Tradisional di Pasar Bawah Bukittinggi Terbakar
Los Pasar Tradisional di Pasar Bawah Bukittinggi Terbakar.

BUKITTINGGI, MJNews.ID - Pada Sabtu 11 September 2021 dinihari pukul 02.30 WIB, telah terjadi kebakaran di Pasar Bawah, Kelurahan Aur Tajungkang Tangah Sawah, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

Kapolres Bukittinggi, AKBP Dody Prawiranegara, S.H., S.I.K., M.H, membenarkan bahwa telah terjadi kebakaran di Pasar Bawah Bukittinggi.

Kronologis kejadian kebakarannya berawal pada saat petugas ronda sedang melaksanakan Patroli di Pasar Bawah tersebut, kemudian saksi melihat ada api di dalam kedai jualan saka anau, selanjutnya saksi tersebut langsung menghubungi rekan-rekan saksi lainnya, kemudian kedua saksi melihat bahwa api telah membesar di kedai saka anau tersebut, dan menyebar ke kedai lainnya.

Kemudian saksi berusaha memadamkan api, dan kemudian segera menghubungi Damkar Kota Bukittinggi, berselang beberapa waktu kemudian datanglah Damkar Kota Bukittinggi, demikian juga petugas kita dari Polres Bukittinggi dan Polsek Kota Bukittinggi mendatangi tempat kejadian kebakaran.

Menurut Dody, dalam kebakaran ini diterjunkan 20 unit mobil Damkar masing-masing Damkar Kota Bukittinggi sebanyak 8 unit, Mobil Damkar Kab. Agam sebanyak 3 unit, Damkar Kota Padang Panjang sebnyak 2 unit, Damkar Padang Pariaman sebannyak 2 unit, kemudian Damkar Kab. 50 Kota, Kota Payakumbuh, Kota Pariaman, Kota Solok, dan Kab. Tanah Datar masing 1 unit, dan api dapat dipadamkan sekira pukul 04.30 WIB.

Kapolres menambahkan, akibat kejadian kebakaran tersebut korban jiwa sama sekali tidak ada, dan menurut keterangan Kepala Dinas Pasar Kota Bukittinggi, Isra Yonza, SH, adapun bangunan yang terbakar sebanyak 300 lapak kios dengan rincian los maco berisikan penjual telur, ayam poting dan ikan kering sebanyak 70 lapak, jalur penghubung antara jualan kelapa dan los beras berisikan pedagang tahu tempe, plastik, sayuran, P&D sebanyak 100 lapak, jalur hijau berisikan pedagang ayam, kerupuk kulit dan ikan kering sebanyak 100 lapak, jalur penghubung Los maco dengan gerbong 1 berisi pedagang sayur dan bumbu masak sebanyak 30 lapak.

Sedangkan luas keseluruhan areal Pasar Bawah yang terbakar lebih kurang 50 X 30 meter, dengan kerugian materil diperkirakan sekitar Rp. 2.000.000.000,- dengan rincian sebagai berikut bangunan senilai Rp. 1.000.000.000,- (satu miliar), dan barang dagangan para pedagang senilai Rp 1.000.000.000,- (satu miliar).

AKBP Dody menjelaskan, hingga saat ini anggota Sat Reskrim Polres Bukittinggi bersama Inafis dan Polsek Bukittinggi masih melakukan penyelidikan tentang asal usul api yang membakar Los Pasar Bawah tersebut.

(***)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update