Bamus Nagari Tanjuang Beringin Pasaman Gelar Pra Musrenbang
×

Adsense

Adsense

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 25 September 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
89.110 1.501 85.502 2.107
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Bamus Nagari Tanjuang Beringin Pasaman Gelar Pra Musrenbang

Sabtu, 11 September 2021 | 08:00 WIB Last Updated 2021-09-11T01:00:00Z

Bamus Nagari Tanjuang Beringin saat Pra Musrenbang
Bamus Nagari Tanjuang Beringin saat Pra Musrenbang.

PASAMAN, MJNews.ID - Nagari di Pasaman sedang sibuk melakukan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) untuk Rencana Kegiatan Pembangunan (RKP) Nagari tahun 2022. Termasuk Nagari Tanjuang Beringin, Kecamatan Lubuk Sikaping.

Dijadwalkan, Musrenbang Nagari Tanjuang Beringin bakal dilakukan Senin (13/9/2021) lusa.

Mensukseskan hal itu, badan musyawarah nagari (Bamus) Tanjuang Beringin pun duduak semeja, melakukan pra Musrenbang, Jumat 10 September 2021.

Dipimpin Ketua, Didia Dharma, Wakil Dharma Indra Buana, Sekretaris Desi Arisandi dan anggota, Juliardi, Ikra Dinata, Zainal Arifin, Yogi Pratama, Desmita dan Chandra Firman Hura, duduk semeja dengan suasana hangat-hangat ngilu kuku. Ditambah ada pula Walinagari Jafri dan Kaur Perencanaan Nagari Ronal Yulmasri, lengkap sudah menyatukan prencanaan menghadapi Musrenbang mendatang.

Ketua Bamus, Didi menekankan, pihaknya bakal mencoba untuk memudarkan istilah bagi-bagi kue dalam Musrenbang. Sebab, pada intinya, nagari yang maju adalah nagari yang mampu menjalankan program bidang pembangunan, ekonomi dan pemberdayaan masyarakat yang benar-benar prioritas.

“Berkiblat kita pada nagari-nagari maju, pemerintahannya dan Bamus pasti satu suara. Menjalankan program yang benar-benar prioritas. Kita tidak menutupi keadaan, kebanyakan ada istilah bagi-bagi kue terutama di bidang pembangunan sehingga yang terjadi sikua capang-sikua capeh sikua tabang sikua lapeh. Minim manfaat. Ini bakal kita hilangkan,” kata Didia.

Dijelaskan Didia, ada delapan kejorongan di Nagari Tanjuang Beringin. Apa saja yang perlu telah dirumuskan dalam musywarah nagari dan dituangkan dalam RKP. Masing-masing kejorongan punya kebutuhan.

“Di antara semua itu, kami Bamus bakal memastikan bersama pihak lainnya untuk memprioritaskan program yang benar-benar dibutuhkan masyarakat. Berbicara butuh, semua butuh, tapi pasti ada yang paling membutuhkan, itulah yang bakal direalisasikan di tahun 2022 nantinya. Kami di Bamus perwakilan per jorong yang baru saja dilantik sepakat, tidak ada lagi mengedepankan ego kepentingan masing-masing jorong, tapi mementingkan kebutuhan nagari. Ini kami buktikan di 2022 nanti,” kata Didia.

Hal senada juga diaminkan Wakil Bamus, Dharma Indra Buana. Sebagai Bamus yang baru saja dilantik periode 2021-2027 semua satu suara untuk membangun nagari.

“Rumusnya sederhana, kami bakal fokus merealisasikan anggaran untuk program pembangunan di kejorongan yang benar-benar membutuhkan. Tidak ada lagi istilah dapek seketek surang tapi minim manfaat. Siapa yang menentukan prioritas tidaknya, tentulah penilaian kami di Bamus bersama tim dari pemerintahan kecamatan hingga kabupaten lainnya,” pungkas Indra.

(cf/sf)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update