Belasan Kios dan Rumah Terbakar di Pasar Kambang, Bupati Pessel Serahkan Bantuan
×

Adsense

Adsense Mobile

Adsense

Belasan Kios dan Rumah Terbakar di Pasar Kambang, Bupati Pessel Serahkan Bantuan

Jumat, 24 September 2021 | 19:00 WIB Last Updated 2021-09-24T17:30:16Z


Rusma Yul Anwar menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran di Pasar Kambang
Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran di Pasar Kambang, Kecamatan Lengayang, Kamis 23 September 2021. (ist)

PESISIR SELATAN, MJNews.ID - Sebanyak 18 unit kios dan 3 unit rumah warga di Pasar Kambang, Nagari Kambang Barat, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan ludes terbakar sekitar pukul 22.45 WIB, Kamis 23 September 2021.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian materi untuk sementara ditaksir Rp. 5,8 miliar.

Informasi yang diterima di lapangan, api dengan cepat menghanguskan kios dan rumah yang posisinya sangat rapat. 
Sementara itu, untuk memadamkan api Dinas Satpol PP dan Damkar Pesisir Selatan menerjunkan empat unit mobil pemadam kebakaran dari Posko Damkar Painan, Balaiselasa, Kambang dan Tapan.

Pemilik kios dan rumah yang terbakar itu adalah Indin, Eni, Uli/Pian, Epen, Jumaidi, Incin, Daus, Tito, Siin, Weli, Rita, Ijun/Eda, Siep dan Isul.

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, Jumat 24 September 2021, meninjau lokasi kebakaran sekaligus menyerahkan bantuan pada korban kebakaran di Pasar Kambang, Nagari Kambang, Kecamatan Lengayang. Sementara itu, Wakil Bupati, Rudi Hariyansyah juga meninjau lokasi kebakaran di Pasar Kambang, Kamis (23/9/2021) malam.

Pada kunjungan tersebut Bupati Rusma Yul Anwar melakukan dialog dengan para korban kebakaran.

Pada kesempatan itu bupati menyebutkan, pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan instansi terkait guna merumuskan langkah untuk para korban sebagai upaya meringankan beban para korban yang ditimpa musibah. 
“Tahap awal ini kami membawa sembako, dan bantuan kebutuhan lainnya, sementara bantuan berikutnya sesegera mungkin disiapkan,” katanya lagi.

Disebutkan, kebakaran itu mengakibatkan 18 petak kios dan 3 unit rumah ludes terbakar, dengan total kerugian sementara ditaksir sebesar Rp. 5,8 miliar.

Dalam kesempatan itu bupati meminta para korban sabar dalam menerima musibah kebakaran.

“Mudah-mudahan Allah memudahkan jalan keluar dari bencana ini,” pintanya.

Selanjutnya, bupati mengajak masyarakat agar selalu waspada terhadap bencana kebakaran yang bisa saja melanda kapan saja dan dimana pun.

“Mari kita waspada dan mengontrol semua sambungan listrik serta sumber api lainnya yang dapat menimbulkan kebakaran,” ingatnya.

Selain itu, kepada pihak PLN diminta ketegasannya dalam mengawasi jaringan listrik di rumah masyarakat. “ Jika ditemukan pemasangan atau sambungan yang tidak sesuai standar harus ditegur,” harapnya.

Berkaitan dengan langkah-langkah Pemkab Pesisir Selatan, dalam membantu korban kebakaran, bupati menyampaikan, pemkab akan meminta pihak perbankan untuk menangguhkan sementara pembayaran kredit bagi korban kebakaran yang memiliki utang di bank.

“Kita akan menyurati pihak perbankan untuk meminta penangguhan sementara pembayaran kredit bagi korban kebakaran yang memiliki utang di bank,” katanya.

Selanjutnya, menyinggung langkah yang akan dilakukan pemerintah daerah dalam penanganan korban kebakaran di Pasar Kambang, bupati berjanji akan membahasnya bersama instansi terkait.

(man/myd)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update