Bupati Solok Hadiri Pisah Sambut Kepala BPTP Sumbar
×

Adsense

Adsense Mobile

Adsense

Bupati Solok Hadiri Pisah Sambut Kepala BPTP Sumbar

Jumat, 24 September 2021 | 01:30 WIB Last Updated 2021-09-24T00:48:13Z


Bupati Solok Hadiri Pisah Sambut Kepala BPTP Sumbar
Bupati Solok Hadiri Pisah Sambut Kepala BPTP Sumbar.

Arosuka, MJNews.ID - Bupati Solok, Epyardi Asda M.Mar hadir di auditorium BPTP Sumbar dalam rangka memenuhi undangan pisah sambut Kepala BPTP Sumbar di Sukarami, Nagari Koto Gaek, Kecamatan Gunung Talang, Kamis 23 September 2021.

Tampak hadir dalam acara Kepala Badan Litbang Pertanian diwakili Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Taman Pangan Dr. Ir. Priyatna Sasmita, M.Si, Kepala BPTP Sumbar yang lama Dr. Ir. Wahyu Wibawa, MP, Kepala BPTP yang baru Dr. Rustam SP, M.Si, Kepala Balitbu yang lama dan yang baru, Kapolres Solok yang mewakili, unsur akademisi, dan Kepala Dinas Pertanian yang diwakili Sekretaris Dinas Miharta Maria, SP.

Dalam sambutannya Dr. Ir. Wahyu Wibawa, MP berterimakasih atas kehadiran Bupati Solok pada acara pisah sambut Kepala BPTP Sumbar. Ia menyampaikan bahwa nantinya akan bertugas di BPTP Jawa Tengah, setelah lebih kurang selama 6 bulan menjabat sebagai Kepala BPTP Sumbar.

Tak lupa kepada seluruh pegawai, Ia mengucapkan terimakasih atas komitmen dan kerjasamanya selama ini.

“Kepada seluruh pegawai/karyawan saya mengucapkan terimakasih atas komitmen dan bantuan, baik untuk institusi, maupun pribadi. Insyallah Kepala BPTP Sumbar yang baru akan dapat bekerjasama dengan seluruh stakeholder, demi mewujudkan visi, misi dan program BPTP Sumbar,” ujarnya menambahkan.

Senada dengan Dr. Ir Wahyu Wibawa, Dr. Rustam SP, M.Si selaku Kepala BPTP Sumbar yang baru mengucapkan rasa syukur dan terimakasihnya karena akan bertugas di BPTP Sumbar. Pria kelahiran Padang ini merasa sangat senang dapat mengabdi dan bertugas di kampung halamannya di Sumbar.

”Sebelum ditugaskan di sini, saya menjadi Kepala BPTP Jambi. Alhamdulillah saat ini dipercaya mengabdi di Sumbar,” tuturnya.

Kabupaten Solok, ujarnya, mempunyai keunggulan di bidang pertanian seperti bareh Solok dan bawang merah. Hal ini merupakan tantangan besar bagi BPTP Sumbar terutama untuk membantu mewujudkan visi misi Bupati Solok, mambangkik batang tarandam menjadikan Kabupaten Solok terbaik di Sumbar.

Ia menambahkan di Sumbar saat ini ada tiga kepala daerah yang sangat berfokus pada sektor pertanian termasuk Bupati Solok.

Di akhir sambutannya Dr. Rustam, SP, M.Si bertekad akan melanjutkan visi misi dan program BPTP yang telah disusun sebelumnya, dan mengajak semua pihak untuk bersama-sama memajukan sektor pertanian di Sumbar.

Selaku kepala daerah, Bupati menyampaikan ucapan terimakasihnya atas pengabdian dan kerjasama Dr. Ir. Wahyu Wibawa selama bertugas di BPTP Sumbar. Kepada Kepala BPTP yang baru Bupati berharap Dr. Rustam, SP, M.Si dapat berbakti untuk masyarakat terutama di Kabupaten Solok.

Selain itu, Bupati sangat senang bisa bekerjasama dengan BPTP Sumbar dalam upaya mendukung peningkatan sektor pertanian.

“Saya sangat bangga dengan BPTP Sumbar, karena pertanian adalah goal-nya Pemerintah Kabupaten Solok, sesuai dengan visi misi saya yang dasarnya adalah membangkitkan sektor pertanian di Kabupaten Solok melalui Bareh Solok, Bawang Merah dan Buah-buahan,” ungkap Bupati.

Bupati menyadari saat ini dari aspek apapun Kabupaten Solok masih jauh tertinggal. Oleh karenanya hal ini merupakan tantangan yang cukup berat untuk dihadapi.

Bupati berharap kepada Kepala BPTP yang baru untuk dapat mendukung dan memberikan bantuan untuk bersinergi dengan pemerintah pusat, terutama menyampaikan keinginan pemerintah daerah untuk memperoleh bantuan berupa bibit unggul untuk kemudian dikembangkan di Kabupaten Solok.

Bupati dengan tegas menyatakan kesiapannya dalam mengelola bibit unggul tersebut, dan akan membudidayakannya di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Solok yang mayoritas bermata pencaharian di bidang pertanian.

Di tengah sambutannya, Bupati juga menyinggung mengenai upaya kerjasama yang telah dilakukan dengan Pemerintah Kota Pekanbaru, dan juga Food Station di Jakarta, terutama dalam memasarkan beras Solok.

“Yang menjadi unggulan di Kabupaten Solok adalah beras varietas cisokan dan anak daro. Kami sudah bekerjasama dengan food station di Jakarta yang siap menampung beras Solok dengan kualitas asli. Solok siap menjadi lumbung pangan, dan insya Allah akan bangkit terutama di sektor pertanian. Hal ini tentu tidak terlepas dari bantuan BPTP Sumbar,” papar Bupati.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Ir. Priyatna Sasmita, M.Si memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Kepala BPTP yang lama dan yang baru.

Ia juga berpesan kepada Kepala BPTP yang baru agar dapat berinovasi menjadikan pertanian menjadi lebih baik lagi. Apalagi Kabupaten Solok merupakan sentra pertanian, sehingga BPTP mempunyai peranan yang sangat strategis.

“Melalui BPTP Sumbar kami akan mendukung untuk memajukan pertanian di Kabupaten Solok, dan Bapak Rustam selaku Kepala BPTP Sumbar yang baru, untuk dapat memperhatikan dan menyikapi setiap program dari sektor pertanian, utamanya di Kabupaten Solok,” pungkasnya.

Di akhir acara, Bupati menyerahkan cinderamata berupa plakat kepada Dr. Ir. Wahyu Wibawa dan acara dilanjutkan dengan peninjauan produk-produk yang diproduksi oleh BPTP Sumbar.

(zal)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update