Bupati Solok Selatan Launching Program Satu Keluarga Satu Sapi
×

Adsense

Adsense Mobile

Adsense

Bupati Solok Selatan Launching Program Satu Keluarga Satu Sapi

Kamis, 23 September 2021 | 06:30 WIB Last Updated 2021-09-22T23:30:00Z


launching Program Satu Keluarga Satu Sapi
Bupati Solok Selatan, Khairunas didampingi Wabup Yulian Efi saat launching Program Satu Keluarga Satu Sapi.

SOLOK SELATAN, MJNews.ID - Bupati Solok Selatan (Solsel), Khairunas didampingi wakilnya Yulian Efi melaunching program unggulan satu keluarga, satu sapi di areal kandang sapi Kelompok Tani Suka Damai, Selasa 21 September 2021.
 
Bupati Khairunas mengatakan, kegiatan ini merupakan program unggulannya bersama wakilnya, yakni program Satu Keluarga Satu Sapi (Suka Sapi).

“Kemarin merupakan hari pertama atau launching penyerahan sapi kepada petani penerima pada 2021. Penyerahan ini melalui kelompok tani yang telah disetujui,” ucap Bupati didampingi Kepala Dinas Pertanian Solok Selatan, Richie Amran.

Dikatakannya, penyerahan secara simbolis sebanyak 140 ekor sapi. Untuk tahap pertama, ada tujuh kelompok tani (keltan) yang menerima bantuan. Diantaranya, Keltan Maju Bersama KPGD, Keltan Tani Karya Maju Kecamatan Sungai Pagu, Keltan Suka Damai Kecamatan Pauh Duo, Keltan Satupun Saiyo l Kecamatan Sangir, Keltan Tanah Bukok Tareh Kecamatan Sangir Hujan, Keltan Tani Sejahtera Bersama Kecamatan Sangir Batang Hari dan Keltan Bukit Batu Maju Kecamatan Sangir Balai Janggo. 

“Tahun depan akan dilakukan evaluasi kepada kelompok tani penerima bantuan kesejahteraan ini,” ucap Bupati.

Khairunas menyampaikan, ini merupakan pengalaman baru bagi Pemda. Tujuannya meningkatkan perekonomian masyarakat.

Ditambahkannya, dalam kondisi repofusing Bupati masih bisa memberikan bantuan kepada masyarakat dengan 1.000 sapi dari Kementrian. 

“Satu-satunya Kabupaten di Sumatera Barat ini yang memiliki program satu sapi satu KK adalah Kabupaten Solok Selatan. Ini kami buktikan kepada masyarakat dengan menyerahkan sapi yang menjadi gunjingan masyarakat. Itu bukti kami tidak hanya janji-janji disaat pilkada saja,” tegasnya. 

Kalau tujuh kelompok ini bisa merawat dan mengembangkan sapi dari satu menjadi dua dan seterusnya, akan ada tambahan 500 ekor sapi. Begitupun sebaliknya, jika tidak bisa berkembang yang 500 ini tidak akan bisa didapatkan lagi.

Sementara Ketua DPRD Solok Selatan, Zigo Rolanda menilai, program ini baik untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

“Kami dari DPRD Solok Selatan selalu mendukung dan memberikan mensuport terhadap program yang berpihak pada masyarakat,” tegasnya.

(abg/ems)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update