Dies Natalis ke-60, Fakultas Kedokteran Undip Selenggarakan Operasi Katarak Massal
×

Adsense

Adsense Mobile

Adsense

Dies Natalis ke-60, Fakultas Kedokteran Undip Selenggarakan Operasi Katarak Massal

Sabtu, 18 September 2021 | 13:00 WIB Last Updated 2021-09-18T13:15:09Z


Fakultas Kedokteran Undip Selenggarakan Operasi Katarak Massal
Fakultas Kedokteran Undip Selenggarakan Operasi Katarak Massal.

SEMARANG, MJNews.ID - Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Diponegoro bekerjasama dengan IKA Medika (Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro), Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) Jawa Tengah, Prodi Ophthalmology FK Undip dan Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND), adakan kegiatan operasi katarak massal untuk memperingati Dies Natalis ke-60 Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Kegiatan yang merupakan rangkaian bakti sosial ini dilakukan di RSND Tembalang, Sabtu 18 September 2021.

Kegiatan operasi katarak ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan jumlah pasien sekitar 20 pasien.

dr. Arif yang merupakan salah satu panitia penyelenggara menjelaskan acara ini diadakan untuk melanjutkan operasi katarak yang terhalang di masa pandemi.

"Di masa pandemi kan kita tidak bisa diam saja, kita juga harus bergerak salah satunya dengan cara mengadakan kegiatan seperti ini yang gunanya selain melanjutkan operasi katarak yang sempat terhalang pandemi juga mensukseskan program pemerintah memberantas kebutaan," ujar dr. Arif.

Beliau juga menerangkan perawatan pasien pasca operasi akan dilakukan selama satu bulan.

"Perawatan pasien pasca operasi akan dilakukan di RSND selama satu bulan untuk memastikan bahwa hasil operasi sesuai dan tidak ada masalah," terang dr. Arif.

Sasaran kegiatan ini merupakan masyarakat yang kurang mampu dan tidak tercover BPJS. 

Alur pendaftaran pasien sendiri diawali dengan menghubungi contact person yang tertera lalu datang dengan membawa surat keterangan tidak mampu dari kelurahan. Setelahnya akan melewati rangkaian skrining sesuai dengan protokol kesehatan pandemi untuk memastikan pasien tersebut layak mendapat operasi atau tidak.

(Alex)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update