Dinkes Pasaman Adakan Gebyar Vaksinasi Remaja di SMAN 1 Lubuk Sikaping
×

Adsense

Adsense

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 20 September 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
88.796 1.929 84.780 2.087
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Dinkes Pasaman Adakan Gebyar Vaksinasi Remaja di SMAN 1 Lubuk Sikaping

Rabu, 15 September 2021 | 20:30 WIB Last Updated 2021-09-15T17:28:34Z

Gebyar Vaksinasi Remaja di SMAN 1 Lubuk Sikaping
Gebyar Vaksinasi Remaja di SMAN 1 Lubuk Sikaping. (kominfo)

PASAMAN, MJNews.ID - Dalam rangka meningkatkan cakupan vaksinasi bagi remaja bagi siswa SMP/SMA/sederajat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pasaman adakan Gebyar Vaksinasi Remaja di SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping, Selasa 14 September 2021.

Ratusan siswa/siswi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Lubuk Sikaping terlihat antri untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19, yang difasilitasi oleh tenaga medis dari Puskesmas Lubuk Sikaping dan Puskesmas Sundata, Kecamatan Lubuk Sikaping.

Sebelum pelaksanaan Vaksin Covid-19 di SMAN 1 Lubuk Sikaping, Kepala Puskesmas Lubuk Sikaping, dr. Jeni terlebih dahulu memberikan edukasi kepada para siswa/siswi tentang Vaksin yang digunakan.

dr. Jeni menyampaikan bahwa vaksin yang digunakan adalah Vaksin Sinovac, dimana bahan bakunya berasal dari China, dan produksinya di Indonesia oleh PT. Bio Farma.

"Adapun bahan yang yang terkandung dalam Vaksin Sinovac adalah: Inactivated Virus (Virus yang telah dimatikan), Aluminium Hidroxid, larutan fosfor, dan Nacl, dimana bahan-bahan kimia ini tidak berbahaya bagi tubuh," ungkap dr. Jeni.

dr. Jeni juga menyampaikan bahwa sudah ribuan masyarakat yang telah divaksin, Alhamdulillah tidak ada terjadi efek samping yang fatal akibat divaksin.

“Saya minta kepada siswa/siswi yang akan divaksin hari ini agar telah sarapan pagi dan bagi yang belum sarapan agar sarapan dahulu agar tubuh kita fit sewaktu divaksin,” tutur dr. Jeni sembari mengakhiri edukasinya kepada para siswa/siswi yang akan divaksin. 

Sementara Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman, Desrizal, SKM, M.Kes, mengatakan bahwa Gebyar Vaksin Remaja ini maksudnya adalah anak yang berusia dari 12 sampai 17 tahun, namun sasaran yang lainnya adalah tenaga kesehatan, pelayan publik, lansia, umur 18 tahun keatas, dan saat ini adalah Gebyar Vaksin Remaja untuk umur 12 sampai 17 tahun ke atas bagi siswa/siswi se Pasaman. 

Desrizal juga menyampaikan bahwa sebelum Gebyar Vaksinasi Remaja ini, juga telah dilaksanakan Vaksinasi Covud-19 di MAN 1 Pasaman Lubuk Sikaping sebanyak 250 siswa/siswi pada Kamis dan Jum’at kemarin.

Desrizal juga mengatakan bahwa tujuan vaksinasi Covid-19 ini adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh bagi siswa/siswi dan juga akan mengurangi resiko dari Covid-19.

“Saya berharap kiranya seluruh orang tua untuk dapat menyetujui agar anak-anaknya untuk dapat dilakukan Vaksinasi, sehingga sasaran kita di Kabupaten Pasaman bisa dicapai semaksimal mungkin,” ujar Desrizal.

Kepala SMAN 1 Lubuk Sikaping, Eliza, M.Pd mengatakan bahwa Gebyar Vaksinasi Remaja adalah bertujuan untuk vaksinasi Covid-19 bagi siswa/siswi, dengan harapan untuk mengurangi resiko Covid-19 sehingga pelaksanaan proses belajar mengajar secara tatap muka bisa berjalan secara maksimal dengan aman dan tetap menerapkan protokol kesehatan, yaitu pakai masker, cuci tangan pakai sabun, dan jaga jarak.

“Kami sangat mendukung Vaksinasi Covid-19 ini, hal tersebut dibuktikan telah divaksinnya 90 persen guru dan Pegawai Tata Usaha SMAN1 Lubuk Sikaping.

"Bagi yang belum divaksin itu adalah karena penundaan alasan kesehatan, dan kami menargetkan 90 persen dari siswa/siswi SMAN 1 Lubuk Sikaping yang berjumlah 1.050 siswa/siswi sudah divaksin dan bagi yang belum kemungkinan tertunda karena alasan kesehatan,” kata Eliza.

Salah seorang siswi SMAN 1 Lubuk Sikaping, mengatakan bahwa ia sangat berterima kasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman yang telah menyelenggarakan Gebyar Vaksinasi Remaja, karena dengan telah divaksin akan mengurangi resiko dari pandemi Covid-19.

"Proses belajar secara tatap muka akan lebih aman lagi disamping tetap menerapkan protokol kesehatan," kata siswi SMAN 1 Lubuk Sikaping yang tidak mau disebutkan namanya, seperti dikutip dari laman pemkab.

(sf)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update