Gubernur Buka Pertemuan Forum Komunikasi Pengurus Karang Taruna Sumbar
×

Adsense

Adsense Mobile

Adsense

Gubernur Buka Pertemuan Forum Komunikasi Pengurus Karang Taruna Sumbar

Selasa, 28 September 2021 | 06:00 WIB Last Updated 2021-09-27T23:00:00Z


Pertemuan Forum Komunikasi Pengurus Karang Taruna Provinsi Sumatera Barat
Pertemuan Forum Komunikasi Pengurus Karang Taruna Provinsi Sumatera Barat di Hotel Kyriad Bumi Minang, Senin 27 September 2021. (humas)

PADANG, MJNews.ID - Pemerintah membutuhkan dukungan semua pihak untuk mengatasi permasalahan sosial yang datang sebagai dampak lanjutan dari perlambatan ekonomi karena pandemi COVID-19.

"Terbatas mobilitas masyarakat selama pandemi membuat terjadinya perlambatan ekonomi dan penurunan pendapatan. Ujungnya akan berdampak pada sosial kemasyarakatan. Dalam hal ini pemerintah butuh dukungan semua pihak termasuk Karang Taruna," kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat membuka secara resmi Pertemuan Forum Komunikasi Pengurus Karang Taruna Provinsi Sumatera Barat di Hotel Kyriad Bumi Minang, Senin 27 September 2021.

Dampak sosial yang mungkin terjadi seperti penambahan angka kemiskinan, penganggur hingga persoalan sosial lainnya seperti stunting harus diantisipasi agar tidak membesar.

"Ini sesuai dengan tugas dan fungsi Karang Taruna untuk membantu pemerintah mengatasi permasalahan kesejahteraan sosial yang terjadi di tengah masyarakat," katanya.

Pertemuan yang digelar bisa menghadirkan langkah dan menyamakan visi dalam membangun soliditas dan sinergitas antara sesama Karang Taruna serta pihak terkait.

"Komunikasikan dan cari langkah bersama untuk meminimalisir semua dampak yang mungkin terjadi. Setelah memahami permasalahan maka disusun kegiatan untuk pemberdayaan sosial," katanya.

Komunikasi informal diperlukan untuk mendapatkan data sebagai dasar membuat program. 

"Stunting juga menjadi ancaman karena pendapatan menurun, kelahiran tinggi. Angka stanting di Sumbar sekarang 27 persen. Mudah-mudahan lajunya bisa dihambat," ujarnya.

Ia menambahkan saat ini kemampuan pemerintah terbatas termasuk dalam anggaran. Karena itu perlu upaya untuk memaksimalkan potensi yang ada di masyarakat.

"Karang taruna diharapkan berperan dalam hal ini," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Sumbar, Jumadi mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk pengembangan manajemen organisasi Karang Taruna sehingga bisa menjadi mitra pemerintah dalam memecahkan masalah kesejahteraan sosial.

Kegiatan tersebut dilangsungkan selama dua hari diikuti pengurus Karang Taruna dari 19 kabupaten dan kota.

(Adpim Sumbar)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update