JKA Akan Desak Pusat Bangun Kembali Jembatan Lubuak Napa
×

Adsense

Adsense

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 25 September 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
89.110 1.501 85.502 2.107
sumber: corona.sumbarprov.go.id

JKA Akan Desak Pusat Bangun Kembali Jembatan Lubuak Napa

Senin, 13 September 2021 | 03:00 WIB Last Updated 2021-09-12T20:00:00Z

JKA tinjau Jembatan Lubuak Napa
Anggota DPR-RI, H. John Kenedy Azis (kedua kanan), ketika meninjau Jembatan Lubuak Napa, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat yang ambruk beberapa tahun lalu, Jumat 10 September 2021. (ist)

Parikmalintang, MJNews.ID - Anggota DPR-RI, H. John Kenedy Azis (JKA), Jumat dan Sabtu (10-11 September 2021), tinjau objek-objek vital terdampak bencana di Kabupaten Padang Pariaman. Salah satunya jembatan Lubuak Napa, Kecamatan Padang Sago yang ambruk dihantam banjir, beberapa tahun lalu.

Kegiatan dalam masa mengunjungi daerah pemilihan (Kundapil) itu, Anggota Komisi VIII tersebut tampak didampingi Kepala Pelaksana BPBD, Budi Mulya dan seorang pejabat di Bina Marga Dinas PUPR Padang Pariaman.

Sebelum meninjau jembatan Lubuak Napa, John Kenedy Azis dan Kepala BPBD juga sempat meninjau beberapa titik ruas jalan yang ambruk di daerah Sungai Garinggiang dan Kecamatan Sungai Limau. Sorenya, ruas jalan di Sikayan. 

Sebagaimana disampaikan Budi Mulya, banyak infrastruktur yang rusak akibat bencana di Padang Pariaman dan beberapa diantaranya, seperti jembatan Lubuak Napa, itu terjadi beberapa tahun lalu.

Akibat dihantam banjir bandang, salah satu kaki jembatan Lubuak Napa ambruk dan, sejak itu tidak bisa dilewati kendaraan, kecuali roda dua. Dan, untuk itu pun masyarakat harus membangun jembatan kayu yang menghubungkan badan jalan dengan badan jembatan yang ambruk.

Kondisi itu, menurut Budi Mulya, tidak hanya berdampak pada perekonomian, tetapi juga keselamatan jiwa masyarakat. Sudah tidak terhitung warga yang terjatuh ketika melintasi jembatan kayu tersebut.

Sebab itu, sebut Budi, peme rintah daerah terus mendesak pemerintah pusat agar segera menurunkan bantuan.

“Alhamdulillah, berkat dukungan dan perjuangan Ajo (sapaan akrab John Kenedy Azis), kini pemerintah telah menyetujui penganggarannya,” ujar Kepala BPBD. 

Dikatakannya jembatan Lubuak Napa yang panjangnya 100 meter itu akan dibangun baru dengan dana hibah, sekitar Rp. 35 miliar. 

“Kapan realisasinya, masih menunggu hasil supervisi dari pihak kementerian,” jawab Budi.

Selain jembatan Lubuak Napa di Padang Sago, pemerintah juga merekomendasikan perbaikan ruas jalan di Sikayan, Lubuak Aluang dan beberapa titik jalan di Sungai Garinggiang.

Ada enam titik obyek terdampak bencana di Kabupaten Padang Pariaman yang telah disetujui pendanaannya pemerintah pusat. Berapa besar dananya, tergantung dari hasil supervisinya, nanti.

“Sesuai hasil kajian yang telah kita sampaikan, dibutuhkan dana sekitar Rp95 miliar untuk pembangunan sarana dan prasarana yang terdampak bencana tersebut dan, Rp35 miliar diantaranya untuk Jembatan Lubuak Napa,” terang Kalaksa BPBD Padang Pariaman. 

Akan Desak Anggota Komisi VIII DPR-RI
John Kenedy Azis menyebutkan, usulan yang telah disetujui pemerintah, itu baru untuk sebagian objek yang terdampak bencana.

Sementara dia melihat, masih banyak jalan, jembatan maupun irigasi, yang rusak akibat bencana yang harus di perbaiki atau dibangun kembali.

Politisi Partai Golkar itu berharap, jalan-jalan, jembatan dan irigasi yang rusak akibat bencana tersebut segera diperbaiki. Sebab, sangat berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat di Padang Pariaman.

Terkait hal itu, John Kenedy Azis berjanji akan berusaha mendesak pemerintah pusat agar merealisasikan apa-apa yang telah dimohonkan oleh pemerintah Kabupaten Padang Pariaman. Kemudian, apa yang telah disetujui, agar segera direalisasikan.

(***)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update