Kebun Tebu Terbakar, Petani Purworejo Rugi Puluhan Juta Rupiah
×

Adsense

Adsense

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 25 September 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
89.110 1.501 85.502 2.107
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Kebun Tebu Terbakar, Petani Purworejo Rugi Puluhan Juta Rupiah

Senin, 13 September 2021 | 17:00 WIB Last Updated 2021-09-13T13:39:27Z

Kebun Tebu Terbakar
Puluhan hektare kebun tebu milik masyarakat di Desa Bandungrejo, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah pada hari Senin 13 September 2021 sekitar pukul 13.30 WIB terbakar.

Purworejo, MJNews.ID - Puluhan hektare kebun tebu milik masyarakat di Desa Bandungrejo, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah pada hari Senin 13 September 2021 sekitar pukul 13.30 WIB terbakar.


Kali pertama api diketahui oleh Darmuji asal Purbalingga yang saat itu sedang bekerja memuat hasil panen tebu ke atas mobil truk. Bersama teman-temannya, Darmuji berusaha untuk memadamkan api akan tetapi karena terik matahari dan hembusan angin yang kencang mereka tidak mampu memadamkan api sehingga dengan cepat api membakar puluhan hektare lahan tebu yang siap panen.


Salah satu petani tebu, Hariyanto mengalami kerugian sampai puluhan juta rupiah dari total 3 hektare lahannya yang ditanami tebu. Dia hanya bisa pasrah saja.


Perangkat Desa Bandungrejo, Nasikin saat mengetahui ada kebakaran lahan tebu langsung menghubungi petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Purworejo untuk minta bantuan memadamkan api yang semakin membesar.


Mendapat laporan adanya kebakaran, Damkar langsung menerjunkan 2 unit mobil Damkar ke lokasi kebakaran dan alkhamdulillah api bisa dipadamkan dalam waktu kurang dari 1 jam.


Peltu Sugiyatman dan Serda Sulistyo anggota Koramil 02 Bayan bersama anggota Polsek Bayan dengan sigap langsung datang ke lokasi guna membantu memadamkan api bersama masyarakat.


lebih lanjut Peltu Sugiyatman menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan akan kebakaran lahan tebu, mengingat lahan tebu berdampingan dengan lapangan tembak milik Rindam IV Diponegoro.


Sementara Iptu Azis Waka Polsek Bayan mengingatkan agar masyarakat sekitar tidak membakar dan membuang puntung rokok sembarangan,

agar tidak terjadi kebakaran lagi.


Sementara Camat Bayan, Moeharjono yang juga datang ke lokasi meminta masyarakat untuk selalu menjaga dan mewaspadai kebakaran mengingat sekarang masih di musim kemarau.


"Kita harus selalu memperhatikan kalau kita mau bakar sampah atau sekedar buang puntung rokok," katanya.


"Kalau terjadi kebakaran semacam ini hanya karena kelalaian seseorang membuang putung rokok bisa menyebabkan kebakaran dan juga kerugian terhadap orang lain," imbuhnya.


(fix)

loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update