Kelompok Tani Satelit Purworejo Adakan Pelatihan SIMURP
×

Adsense

Adsense

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 20 September 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
88.796 1.929 84.780 2.087
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Kelompok Tani Satelit Purworejo Adakan Pelatihan SIMURP

Selasa, 14 September 2021 | 15:00 WIB Last Updated 2021-09-14T12:00:30Z

Kelompok Tani Satelit Purworejo Adakan Pelatihan SIMURP
Kelompok Tani Satelit Purworejo Adakan Pelatihan SIMURP.

Purworejo, MJNews.ID - Modernisasi pertanian terus dikembangkan di Indonesia, mengingat perubahan iklim yang terjadi saat ini sudah tidak menentu sehingga sulit dijadikan patokan bagi petani untuk mengolah lahan pertaniannya.

Stategic Irigation Modernization Urgent Rehabilitation Project (SIMURP) merupakan program dari Kementerian Pertanian Pusat guna meningkatkan produksi dan produktivitas hasil tani. Khususnya padi, tetapi tidak menutup kemungkinan pada tanaman lain yang mempunyai nilai ekonomi tinggi (high value crop).

Untuk itu, BPP Kecamatan Bayan mengadakan Pendampingan dan pelatihan kegiatan SIMURP Kelompok tani satelit yang bertempat di Kelompok Tani Jati Manunggal Desa Jatingarang dengan agenda pembuatan pupuk hayati.

Climate Smart Agriculture (CSA) atau pertanian cerdas iklim merupakan kunci keberhasilan SIMURP. Melalui CSA diharapkan bisa mengurangi kadar emisi GRK yang menjadi salah satu penyebab iklim tidak menentu.

Kegiatan SIMURP ada beberapa macam palatihan diantaranya pelatihan pembuatan pupuk hayati (organik) dan pestisida nabati kepada para petani agar ke depan petani lebih siap dan terampil dalam mengolah tanah yang bebas dari unsur kimia. Di samping itu juga tanam padi dengan sistim jajar legowo 2:1 sserta tanam bibit muda. 

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 40 peserta dari 8 kelompok tani yang ada di wilayah Kecamatan Bayan bagian selatan yang ada di luar Daerah Irigasi (DI) Kedung Putri dan dipusatkan di Desa Jatingarang, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Selasa 14 September 2021.

Dalam sambutannya, Koordinator Badan Penyuluh Pertanian (BPP) Bayan, Ibu Siti Kurniatun, SP berharap setelah adanya pelatihan ini para peserta paham dan mau menerapkan ilmu yang didapat dari kegiatan ini dan bisa dipraktekkan di kelompoknya masing-masing. 

"Produktivitas hasil pertanian tidak akan bisa terwujud tanpa tersedianya tanah yang subur dan iklim yang mendukung kegiatan sektor pertanian," imbuhnya.

"Hasil yang didapatpun nantinya akan lebih baik dan sehat.karena akan terbebas dari unsur kimia yang bisa menyebabkan penyakit," pungkasnya.

Sementara Kepala Desa Jatingarang saat dihubungi melalui sambungan telepon mengapresiasi dan mendukung program dari dinas pertanian yang diselenggarakan kelompok tani di Desa Jatingarang.

"Insya Allah Pemdes akan memperhatikan dan memfasilitasi para petani di Desa Jatingarang," katanya.

(fix)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update