Ketua Dekranasda Sumbar Berkunjung ke Kabupaten Solok
×

Adsense

Adsense

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 25 September 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
89.110 1.501 85.502 2.107
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Ketua Dekranasda Sumbar Berkunjung ke Kabupaten Solok

Selasa, 14 September 2021 | 23:00 WIB Last Updated 2021-09-14T16:00:00Z

Ketua Dekranasda Sumbar Berkunjung ke Kabupaten Solok
Ketua Dekranasda Sumbar Berkunjung ke Kabupaten Solok.

Arosuka, MJNews.ID - Ketua Dekranasda Kabupaten Solok, Ny. Emiko Epyardi menyambut kedatangan Ketua Dekranasda Propinsi Sumatera Barat, Ny. Harneli Mahyeldi di Gedung Sekretariat Dekranasda Dermaga Singkarak, Senin 13 September 2021.

Kedatangan Ny. Harneli Mahyeldi ke Kabupaten Solok dalam rangka pembinaan dan identifikasi IKM Kabupaten Solok, sebagai calon peserta temu bisnis. Turut mendampingi Kepala DKUKMPP Eva Nasri beserta seluruh tamu undangan.

Eva Nasri dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Ketua Dekranasda Propinsi Sumbar dalam rangka pembinaan dan identifikasi IKM Kabupaten Solok.

“Kita berharap dengan adanya kegiatan IKM ini, dapat memberikan andil yang besar bagi Kabupaten Solok dan Propinsi Sumbar” ucap Eva Nasri.

Lebih lanjut Ia menambahkan, masa pandemi Covid-19 ini, memang sangat dibutuhkan sekali pembinaan kepada para pelaku IKM terutama dalam meningkatkan usaha mereka.

Pada kesempatan yang sama, Ny. Emiko Epyardi dalam sambutannya menyampaikan, pembinaan IKM terutama dalam masa pandemi ini dimulai dari desain warna motif kekinian yang disukai oleh selera pasar nasional maupun lokal, serta strategi pemasaran produk baik secara online maupun offline, serta keikutsertaan pada acara temu bisnis. Dekranasda merupakan wadah dari produk kerajinan daerah, dan harus memiliki kemitraan yang kuat dengan sektor industri, sehingga dapat menyumbangkan kontribusi ekonomi yang signifikan.

“Kami berkeyakinan dan terus berupaya Dekranasda Kabupaten Solok secara bersama-sama menjalankan fungsinya secara optimal, sehingga dapat mencapai tujuan utama yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menggali, mengembangkan dan melestarikan warisan budaya bangsa,” ujar Ny. Emiko Epyardi.

Lebih lanjut Ny. Emiko memaparkan terkait kegiatan Pameran Rumah Kriya Asri (RKA) Borobudur yang digagas oleh Dekranasda pusat, melalui Dekranasda Propinsi Sumatera Barat diikuti oleh 4 pengrajin dari Kabupaten Solok. Adapun yang lolos kurasi produk dari Pak Musa Widyatmodjo yaitu berupa anyaman pandan, mukena sulaman timbul, Rumah Batik Tanah Liek Salingka Tabek dan Rumah Batik Minang.

Ny. Emiko Epyardi menghimbau kepada pengrajin lainnya untuk terus berinovasi agar dapat ikut serta dalam kurasi produk di kesempatan berikutnya.

Kepada seluruh peserta calon identifikasi temu bisnis lanjutnya lagi, untuk dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, agar apa yang dipaparkan oleh Ketua Dekranasda propinsi maupun tim dapat diimplementasikan, guna memajukan produk IKM di masa yang akan datang.

“Kami berharap diantara peserta pengrajin kami yang hadir pada hari ini, ada yang lolos dan memenuhi kriteria untuk mengikuti temu bisnis di Pekanbaru,” tutur Ny. Emiko Epyardi Asda.

Ny. Harneli Mahyeldi selaku Ketua Dekranasda dalam arahannya berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat kepada pengrajin, apalagi di masa pandemi ini hampir di seluruh kabupaten/kota yang dikunjungi keluhannya sama.

Menurunnya omset merupakan salah satu faktor utama yang dirasakan, akibat berkurangnya wisatawan. Ny. Harneli Mahyeldi menambahkan, peluang peningkatan pendapatan bagi para pengrajin adalah dengan adanya pameran dan keramaian.

“Kita sudah melakukan bimtek desain sulam di Emersia Hotel. Dalam kegiatan tersebut, baru 3 Kabupaten/Kota yang mengikuti. Kedepannya kita harapkan kabupaten/kota lain dapat pula mengikutinya. Kepada pelaku IKM kita menghimbau untuk tetap semangat dalam memasarkan produknya di masa pandemi ini, mungkin lebih difokuskan pemasarannya melalui e-commerce,” Ujar Ny. Harnely Mahyeldi.

Di akhir kegiatan, Ketua Dekranasda Propinsi didampingi Ketua Dekranasda Kabupaten Solok beserta rombongan melakukan kunjungan ke Rumah Batik Salingka Tabek di Nagari Koto Baru.

(zal)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update