Nasi Baka, Kuliner Khas Kota Pariaman yang Harus Dicoba
×

Adsense

Adsense Mobile

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 26 September 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
89.140 1.401 85.625 2.114
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Nasi Baka, Kuliner Khas Kota Pariaman yang Harus Dicoba

Minggu, 12 September 2021 | 12:00 WIB Last Updated 2021-09-12T05:00:00Z

Kedai Ajo Bulek di Pariaman
Kedai Nasi Baka Ajo Bulek di Kota Pariaman. (humas)

Pariaman, MJNews.ID - Selain terkenal dengan Nasi Sala, Kota Pariaman juga memiliki makanan khas Nasi Baka. Nasi dengan lauk ikan goreng balado ini menjadi sebetulnya merupakan nasi bekal bagi nelayan yang akan melaut. Namun seiring dengan perkembangan zaman, makanan khas di Desa Naras I, Kecamatan Pariaman Utara ini menjadi idola bagi semua lapisan masyarakat.

Walikota Pariaman, Genius Umar juga tidak ketinggalan mencicipi makanan ini. 

“Walaupun makanan ini dahulunya adalah makanan bekal bagi nelayan sekitar namun ini bisa dijadikan kuliner bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Pariaman”, ujarnya usai menyantap makanan ini di Desa Naras I, Jumat 9 September 2021.

“Saya sudah mencoba makanan ini beberapa kali dan sangat enak. Ikannya segar karena tangkapan baru nelayan di sini, dan disajikan dalam keadaan hangat. Sehingga makanan ini sangat menggugah selera penikmatnya”, sambungnya.

Ia juga menjelaskan bahwa makanan tersebut bisa dijadikan wisata kuliner khas Kota Pariaman karena selain khas, tempatnya juga ditepi pantai sehingga wisatawan juga bisa menikmati pantai di sini.

Adalah Nasi Baka Ajo Bulek juga menyediakan Teh Telur sebagai minuman khasnya. 

Pemilik kedai Nasi Baka, Ajo Bulek (59) meneruskan usaha mertuanya yang sudah dirintis sejak tahun 1975. Ajo Bulek sendiri meneruskan usaha ini sejak Tahun 2002. Pria dengan 6 orang anak perempuan ini sudah menyekolahkan anak-anaknya hingga bangku kuliah.

“Semua anak-anak saya sudah kuliah kecuali anak 2 orang bungsu, karena mereka tidak mau kuliah, maunya jadi polwan”, terangnya.

Ajo Bulek menjual Nasi Baka ini dengan harga 10ribu perbungkus. Semua nasi, baik dimakan ditempat maupun dibawa pulang tetap dibungkus dengan daun pisang dibalut bungkus nasi.

Nasi ini agak berbeda dari nasi padang lainnya, nasi panas diletakkan di atas lauknya, biasa lauknya berada di atas nasi.

(eri/sul)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update