Pemko Solok Prioritaskan Bina Usaha IKM
×

Adsense

Adsense Mobile

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 26 September 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
89.140 1.401 85.625 2.114
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Pemko Solok Prioritaskan Bina Usaha IKM

Minggu, 12 September 2021 | 03:00 WIB Last Updated 2021-09-12T11:19:47Z

Ramadhani Kirana Putra saat menerima kunjungan Ketua Dekranasda Sumbar
Wawako Solok, Ramadhani Kirana Putra saat menerima kunjungan Ketua Dekranasda Sumbar, Ny. Hj. Harnelli Mahyeldi, Kamis 9 September 2021.

Solok, MJNews.ID - Pandemi covid-19 telah mengakibatkan sebagian besar sektor ekonomi tak berjalan dan bahkan banyak usaha kecil pada akhirnya gulung tikar.

Melihat kondisi seperti ini, pemerintah daerah tidak bisa tinggal diam dan akan terus berupaya sekuat tenaga agar perekonomian terus berjalan.

“Semua sektor usaha sangat terdampak pandemi covid-19, dalam waktu yang tidak terlalu lama diharapkan dapat pulih kembali, termasuk Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang jumlahnya sangat besar mampu menyerap banyak tenaga kerja yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung,” ucap Wawako Solok, Ramadhani Kirana Putra saat menerima kunjungan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumbar, Ny. Hj. Harnelli Mahyeldi dalam rangka pembinaan dan identifikasi Industri Kecil Menengah (IKM) Kota Solok, Kamis 9 September 2021, bertempat di gazebo rumah dinas Wali Kota Solok itu,

Ramadhani mengungkapkan, berbagai langkah strategis telah disiapkan agar sektor IKM di Kota Solok bisa menjalankan usahanya dengan baik. Sebab, pelaku IKM merupakan mayoritas dari populasi industri di Kota Solok.

“Pemerintah Kota Solok berupaya semaksimal mungkin untuk membantu pelaku usaha untuk mampu terus bertahan dengan kondisi yang ada. melalui program-program yang telah dibuat oleh masing-masing OPD dan juga adanya peranan Dekranasda dalam hal ini, mudah-mudahan dapat membantu pelaku usaha,” harap Ramadhani.

Salah satu bentuk peran pemerintah untuk membantu IKM yang ada di Kota Solok yaitu melalui surat edaran yang diberikan kepada seluruh OPD dan seluruh instansi yang ada di Kota Solok untuk memakai produk IKM Kota Solok.

“Alhamdulillah saat ini untuk IKM batik, bordir dan tenun produknya sudah dipakai oleh ASN sebagai pakaian dinas harian juga dipakai saat ada event kota, seperti saat pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Sumatera Barat,” sebut wawako.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Sumbar Harnelli Mahyeldi mengajak pelaku IKM Kota Solok agar terus berinovasi dan menyesuikan dengan situasi saat ini dan tetap terbuka menerima masukan dan pembinaan untuk penguatan dalam membangkitkan IKM yang terdampak pandemi Covid-19.

“Semoga IKM kita terus tumbuh dan berkembang, meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19. Dengan semangat kebersamaan, semoga potensi pengrajin dan hasil karya IKM akan semakin meningkat serta dapat mendorong perekonomian masyarakat,” tuturnya.

Selanjutnya, dikatakan dalam waktu dekat, Dekranasda Sumbar akan menggelar pameran di Pekanbaru.

“Kita akan memilih kualitas terbaik untuk dibawa ke pameran tersebut. Semoga hasil karya IKM Kota Solok akan banyak bisa dibawa ke pameran tersebut,” harap Hj. Harnelli Mahyeldi.

Seusai kegiatan di Gazebo Rumah Dinas Wali Kota Solok, Ketua Dekranasda Sumbar beserta rombongan, didampingi Ketua Dekranasda Kota Solok, mengunjungi langsung outlet Dekranasda dan Pojok Tenun Kota Solok, yang berlokasi di Lobby Balai Kota Solok.

(zal)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update