Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang BPN di Sawahlunto Sederhana Namun Khidmat
×

Adsense

Adsense Mobile

Adsense

Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang BPN di Sawahlunto Sederhana Namun Khidmat

Jumat, 24 September 2021 | 17:30 WIB Last Updated 2021-09-24T19:00:43Z


Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang BPN di Sawahlunto
Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang BPN di Sawahlunto.

SAWAHLUNTO, MJNews.ID - Wali Kota (Wako) Sawahlunto, Deri Asta, SH pada Jumat 24 September 2021, memimpin Upacara Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Tahun 2021 di halaman Kantor Pertanahan Nasional Kota Sawahlunto. 

Hal ini, sesuai tindak lanjut dari amanat Pasal 33 Ayat (3) atau mengacu pada tanggal 24 September 1960 diterbitkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria atau disebut UUPA, yang setiap tahunnya ditetapkan untuk diperingati sebagai Hari Agraria Nasional. 

Dalam kegiatan upacara ini, Wako Deri Asta membacakan sambutan tertulis dari Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan A Djalil dengan mengusung tema, Percepatan Pemulihan Ekonomi melalui Pelayanan Tata Ruang dan Pertanahan yang Profesional. 

Melalui tema ini, dimaksudkan untuk melaksanakan Undang-Undang Cipta Kerja (UUCK) dan turunannya untuk menciptakan lapangan kerja yang seluas-luasnya bagi rakyat Indonesia. Hal ini dilakukan dengan cara, memberikan kemudahan untuk berusaha bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta guna mendorong terciptanya investasi. 

Sementara itu, melalui UUCK ini bertujuan untuk memperbaiki persoalan perizinan kegiatan berusaha, dan memberikan ruang yang lebih luas serta peran penting bagi tata ruang, sebagai ujung tombak dalam pemberian izin berusaha. 

Bentuk dukungan ini, terkait dengan kemudahan perizinan melalui penyederhanaan persyaratan. Cukup melalui tiga (3) persyaratan dasar yang dibutuhkan dan diperlukan dalam rangka kegiatan berusaha. Seperti, Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR), Persetujuan Lingkungan dan Detail Tata Ruang (RDTR). BPN bersama dengan Pemerintah Daerah akan mendorong dan mempercepat penerbitannya perizinan yang diperlukan. 

Sementara itu, terkait dengan tata ruang, Kementerian ATR/ BPN telah meluncurkan sebuah inovasi dan terobosan melalui "Geographyclnformation System Tata Ruang (GISTARU) di antaranya RTR-Online, RDTR Interaktif, RTR-Builder, Konsultasi Publik Online dan Protaru," ungkap Wako Deri Asta. 

Lebih lanjut disampaikan, sejalan dengan semangat untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional dan bertepatan dengan peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Tahun 2021 ini, akan diluncurkan Sistem Pendaftaran Online Aplikasi Loketku dan Aplikasi Permohonan Informasi Online. 

Dengan adanya layanan elektronik ini, memudahkan masyarakat untuk mengetahui berbagai kebutuhan, sebagai syarat kelengkapan berkas yang diperlukan, sebelum datang ke kantor pertanahan. Pelayanan pertanahan secara elektronik ini, guna untuk meningkatkan kinerja melalui efisiensi waktu, biaya dan transparansi dalam pelayanan kepada masyarakat. 

Sebagaimana diketahui, bahwa Presiden telah menyerahkan sertipikat Redistribusi Tanah Objek Reforma Agraria dan hasil penyelesaian konflik pertanahan sebanyak 124.120 sertipikat di 26 provinsi dan 127 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, termasuk Kota Sawahlunto. 

Sementara untuk pemberdayaan masyarakatnya (access reform), nantinya dapat dipastikan bahwa penerima sertipikat akan mendapatkan akses permodalan. Hal inilah yang akan dilakukan melalui momentum peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional tahun 2021.

(Fidel)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update