Silungkang Peduli, Kumpulkan Donasi untuk Warga Terdampak Pandemi
×

Adsense

Adsense Mobile

Adsense

Silungkang Peduli, Kumpulkan Donasi untuk Warga Terdampak Pandemi

Kamis, 09 September 2021 | 02:30 WIB Last Updated 2021-09-08T20:51:47Z


bantuan diserahkan kepada warga Desa Silungkang Duo
Bantuan yang dikumpulkan lewat donasi diserahkan kepada warga yang berhak di Desa Silungkang Duo, Sawahlunto, Rabu 8 September 2021.

SAWAHLUNTO, MJNews.ID - Sebagaimana yang kita ketahui dan alami, sudah 2 tahun masa pandemi Covid-19 menggerogoti kita dan sepertinya, enggan untuk berlalu. Padahal, dengan pandemi ini, telah memporak-porandakan semua line kehidupan kita. 

Ekonomi sulit, karena banyaknya usaha yang gulung tikar dan berujung terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK) di berbagai sektor. Semua terdampak akibat pandemi covid 19, baik yang tinggal di perantauan maupun yang berdomisili di kampung halaman. 

Mensiasati hal tersebut, ada yang membuat kita jadi haru dan mencoba tetap bangkit melalui berbagai cara, dengan satu tujuan guna untuk membantu sesama, sebagai anak Nagari Silungkang Sawahlunto. 

Dengan mengedepankan sifat dan sikap untuk saling membantu sesama, dengan bahu membahu guna untuk saling membantu dalam berbagai bentuk. 

Salah satunya, melalui dana badoncek atau membantu secara bersama melalui pengumpulan dana yang tidak mengikat. Dan hal ini, merupakan suatu hal tradisi lama (positif) yang masih tetap berjalan hingga saat ini, bagi semua warga masyarakat Silungkang, dimanapun mereka berada atau berdomisili. 

Seperti untuk kegiatan kali ini, yang diprakarsai oleh beberapa warga masyarakat Silungkang yakni Abu Hanifah dibantu oleh Hamdani, Nina dan Eva, secara spontan menjaring donasi yang utamanya, diperuntukkan bagi warga masyarakat Silungkang yang paling terdampak dari Covid-19.

Pengumpulan donasi dilakukan melalui WA group yang ada, akhirnya terkumpul dana untuk bantuan sembako dalam bentuk paket, senilai Rp. 150.000 yang terdiri dari beras, telor, minyak dan gula. 

Melalui donasi badoncek, dana masuk dari berbagai pihak, baik yang di perantauan maupun yang tinggal di kampung halaman, Silungkang. Dana terkumpul sebanyak Rp. 21.200.000. 

Sebagai bentuk pertanggung jawabannya, para penggagas atau inisiator, telah menyalurkannya ke dalam bentuk 10 paket zakat mal, senilai masing-masing Rp. 500.000 dan 107 paket sembako senilai masing-masing Rp. 150.000.

Untuk tahap awal, pada Rabu 8 September 2021, telah diserahkan kepada warga masyarakat yang berhak di Desa Silungkang Duo, melalui kerja sama dengan Pemerintahan Desa Silungkang Duo dalam pendataan warga masyarakat yang sangat terdampak, untuk menerima 50 paket bantuan. 

Penyerahannya, telah dilaksanakan secara simbolis bertempat di Kantor Desa Silungkang Duo, yang juga dihadiri langsung oleh Camat Silungkang, Supar, S.Pd, M.Si. 

Camat Supar sangat mengapresiasi kegiatan ini dan kami berterimkasih kepada para donatur dan penyelenggara yang telah mengupayakan kegiatan ini, sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. 

Sementara itu, Kepala Desa Silungkang Duo, Wandi mengucapkan banyak terimakasih kepada para donatur dan penyelenggara kegiatan ini, yang telah membantu meringankan beban masyarakat.

"Ndak tamuek jo talapak tangan, jo niru kami tampuang," ungkap Kades Silungkang Duo, Wandi.

(Fidel)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update