Sutera Berkah, Program Swadaya Masyarakat Bantu Warga Miskin di Sungai Tarab
×

Adsense

Adsense

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 21 September 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
88.879 1.915 84.873 2.091
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Sutera Berkah, Program Swadaya Masyarakat Bantu Warga Miskin di Sungai Tarab

Kamis, 09 September 2021 | 11:30 WIB Last Updated 2021-09-09T04:30:00Z

Launching Sutera Berkah
Sungai Tarab Sejahtera Bersama Sedekah atau Sutera Berkah resmi dilaunching Bupati Tanah Datar diwakili Staf Ahli Bupati Bidang SDM dr. Ermon Revlin, Selasa 7 September 2021. (humas)

TANAH DATAR, MJNews.ID - Memperoleh respon dan dukungan cukup baik masyarakat dan berbagai elemen yang ada di kecamatan, program inovasi gagasan Pemerintah Kecamatan di bawah pimpinan Camat Afrizal yang diberi nama Sungai Tarab Sejahtera Bersama Sedekah atau Sutera Berkah, resmi dilaunching Bupati Tanah Datar diwakili Staf Ahli Bupati Bidang SDM dr. Ermon Revlin, Selasa 7 September 2021, di Masjid Nur Iman Nagari Kumango.

Camat Afrizal yang akbab disapa Ayah mengungkapkan, program Inovasi Sutera Berkah dirancang untuk memberdayakan gerakan bersedekah dan berinfak masyarakat Sungai Tarab. 

“Program yang dilaunching secara resmi hari ini sebenarnya telah dimulai semenjak bulan Ramadhan 1442 H lalu dan dengan dukungan masyarakat dan pengelolaan Satgas Kecamatan bersama BPR Balerong Bunta telah menyebarkan setidaknya 50 buah kotak amal yang ditempatkan di masjid, mushalla, sekolah dan lokasi strategis lainnya,” kata Ayah. 

Adapun tujuan utama program ini, tambah Ayah, menindaklanjuti imbauan dan pernyataan Bupati untuk perang terhadap rentenir, dan Sutera Berkah ini dengan memanfaatkan partisipasi masyarakat berupa sedekah dan infak untuk membantu masyarakat kurang mampu di Kecamatan Sungai Tarab. 

“Nantinya sedekah dan infak masyarakat akan dikumpulkan oleh Satgas bersama pihak BPR Balerong Bunta dalam masa tertentu yang kemudian akan disalurkan lagi untuk membantu masyarakat kurang mampu, berupa bantuan konsumsi sampai bantuan biaya pendidikan,” ujarnya. 

Diungkapkan Camat Afrizal lagi, Program Sutera Berkah bisa mendukung program pemberantasan rentenir yang digalakkan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

“Bukan tidak mungkin suatu saat ketika dana sedekah dan infak ini juga dimanfaatkan sebagai bantuan modal untuk usaha masyarakat Sungai Tarab,” katanya.

Atas dukungan masyarakat, Satgas Kecamatan, BPR Balerong Bunta, Perantau dan pihak lainnya, di kesempatan itu juga menyampaikan ucapan terima kasih. 

“Terima kasih atas dukungan kita semua, semoga program ini ke depan berjalan semakin baik lagi. Dan bagi bapak, ibu, saudara yang ingin berinfak sedekah, silakan salurkan ke Satgas Kecamatan, atau di transfer ke rekening BRI 5421-01-016755-53-1 An. Sutera Berkah,” tukas Afrizal Ayah. 

Sementara itu, Bupati Tanah Datar melalui Staf Ahli Bupati dr. Ermon Revlin menyampaikan apresiasi atas Program Inovasi Sutera Berkah.

“Pemerintah Kabupaten tentunya mendukung program seperti ini, yang bertujuan untuk kemaslahatan bersama. Bahkan seperti penyampaian Camat, program ini kita lihat memang sejalan dengan program Pemberantasan Rentenir yang menjadi salah satu program Bupati Tanah Datar,” katanya.

Disebutkan Ermon lagi, program inovasi yang dilakukan Pemerintah Kecamatan Sungai Tarab ini patut ditiru dan dilaksanakan di kecamatan lainnya. 

“Tentu ini merupakan program inovasi yang baik dan bagus untuk dilakukan di kecamatan lainnya di Tanah Datar, karena bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat dengan sumbangsih dan uluran tangan langsung dari masyarakat kecamatan itu sendiri,” ujar Ermon yang dikutip dari laman pemkab.

Sementara itu, Kepala kantor Kemenag Tanah Datar diwakili Kasi Ali Nardius mengatakan program ini patut mendapat apresiasi karena sejatinya berbeda dengan Baznas.

“Baznas mengumpulkan zakat, dan zakat itu dibayarkan dalam jumlah tertentu kepada orang tertentu, sementara sedekah tidak ada batasannya, tidak harus menunggu harta sampai senisab baru bersedekah. Potensi inilah yang dimanfaatkan Kecamatan Sungai Tarab yang kemudian dikelola dalam program inovasi Sutera Berkah, ini harus diapresiasi dan dukung bersama,” pungkasnya.

(hms/ben)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update