Tingkat Kedisiplinan ASN Padang Panjang Rendah Setahun Belakangan
×

Adsense

Adsense Mobile

Adsense

Tingkat Kedisiplinan ASN Padang Panjang Rendah Setahun Belakangan

Kamis, 23 September 2021 | 15:30 WIB Last Updated 2021-09-23T09:04:59Z


Mahdelmi Dt. Maninjun
Anggota DPRD Padang Panjang, Mahdelmi Dt. Maninjun, S.Sos.

PADANG PANJANG, MJNews.ID - Tingkat kepatuhan ASN lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Padang Panjang terbilang rendah akhir akhir ini. Hal tersebut, dapat kita lihat saat ada agenda sidang atau rapat resmi digelar di gedung DPRD. Ada satu dua orang kepala OPD dan camat jarang mengikuti rapat yang digelar di gedung rakyat itu.

Fenomena tersebut menjadi catatan bagi Anggota DPRD, Mahdelmi Dt. Maninjun, S.Sos. Pasalnya, sering kita lihat ada kepala OPD dan Camat yang jarang mengikuti agenda rapat atau sidang resmi digelar di DPRD.

"Selaku ASN, tanggung jawab dan hak yang diterima tiap bulan sama. Tetapi, kenapa oknum Camat yang satu itu beda dengan ASN dan camat yang lainnya," ujar Mahdelmi Dt. Maninjun kepada MJNews usai sidang paripurna di Gedung DPRD Kampung Jambak, Padang Panjang Timur, Rabu 22 September 2021.

Miris kita melihat, pola pengelolaan ASN akhir-akhir ini. Kesannya, rasa takut dan kedipsiplinan mulai pudar dan tidak lagi ditegakkan. Lama-lama, dengan kondisi di atas, tentu akan menimbulkan preseden buruk di kalangan ASN itu sendiri. 

"Apalagi, yang namanya rapat atau sidang resmi digelar di gedung rakyat ini. Tentu, ada hal-hal yang prinsip yang menjadi satu keputusan rapat, orang yang bertanggung jawab akan menerima keputusan tersebut tidak hadir dalam rapat tersebut," ujar Mahdelmi.

Untuk ke depannya, perlu ada penekanan dam teguran kepada oknum ASN yang lalai akan tanggung jawabnya selaku abdi negara. Kejadian tersebut,sudah sering terjadi dan berulang tanpa ada yang mengingatkan pada okmum ASN bersangkutan. Kesannya, oknum ASN tersebut kebal akan aturan.

Lebih jauh Mahdelmi mengatakan, Sektaris Daerah (Sekda) sebagai jenderal ASN, harus punya sikap yng jelas dalam menegakkan aturan. Jangan ada kesan anak tiri anak kandung dalam menegakkan aturan. 
"Jangan ada kesan sama-sama almamater takut atau segan menegakkan aturan," tukuk Mahdelmi.

Di tempat terpisah, Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Padang Panjang, Nasrulah Nukman menambahkan, kedisiplinan dan kepatuhan ASN dalam kurun waktu setahun belakangan boleh dikatakan rendah. Biasanya, bila DPRD memggelar sidang atau rapat terbuka secara resmi semarak kantor DPRD kelihatan jalinan tali silaturahmi begitu nyata dan terjalin erat.

Sekarang, masa-masa indah itu sudah pudar seiring bergantinya waktu dan lemahnya dalam menegakkan aturan dan sanksi.

"Ke depannya, kita berharap pada Sekda yang membawahi ASN di kota ini, harus menegakkan disiplin tegas tanpa pandang bulu dan sama rasa," tukuk Pentolan PKS ini menambahkan.

(mutia)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update