UMKM Sawahlunto Ambil Peluang Pasarkan Produk di TransMart Padang
×

Adsense

Adsense Mobile

Adsense

UMKM Sawahlunto Ambil Peluang Pasarkan Produk di TransMart Padang

Selasa, 21 September 2021 | 19:00 WIB Last Updated 2021-09-21T13:00:29Z


Sosialisasi Pengembangan Usaha UMKM dengan Jaringan Kemitraan
Sosialisasi Pengembangan Usaha UMKM dengan Jaringan Kemitraan, Selasa 21 September 2021.

SAWAHLUNTO, MJNews.ID - Untuk mendukung peningkatan pemasaran produk UMKM Sawahlunto, Pemko Sawahlunto melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop), melakukan Sosialisasi Pengembangan Usaha UMKM dengan Jaringan Kemitraan, Selasa 21 September 2021, di Balaikota Sawahlunto. 

Jaringan kemitraan yang digandeng untuk bekerjasama dengan UMKM Sawahlunto saat ini, PT. Trans Retail Indonesia yang merupakan pengelola TransMart Padang. 

Wali Kota (Wako) Sawahlunto, Deri Asta SH membuka kegiatan sosialisasi ini dan menyatakan bahwa Pemko Sawahlunto, sesuai dengan salah satu misinya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan ekonomi kerakyatan, berbasis ekonomi kreatif. Untuk itu, dilakukan berbagai upaya dalam membantu produksi maupun pemasaran dari UMKM yang ada di Kota Sawahlunto. 

"Pemko Sawahlunto membantu pemasaran produk UMKM melalui berbagai cara. Sekarang ini kita coba menyentuh melalui bidang jaringan kemitraan/retail, bersama PT. Trans Retail Indonesia. Dan pemko hadir menjembatani pelaku UMKM untuk bermitra dengan TransMart dengan langkah awalnya, kita satukan persepsi antara pelaku UMKM dengan pihak TransMart melalui sosialisasi," ungkap Wako Deri Asta. 

Guna untuk mendukung pelaku UMKM bermitra dengan TransMart, Wako Sawahlunto mengarahkan Disperindagkop untuk lebih intensif dalam melakukan pendampingan dan pembinaan. 

Sementara itu, General Manager (GM) TransMart Padang, Yudi Siswanto, yang menjadi narasumber dalam sosialiasi ini mengatakan, pihaknya bersedia bermitra dengan UMKM Sawahlunto dalam menyuplai produk pada jaringan kemitraan dengan Standar Operasi Prosedur (SOP) yang telah ditentukan, guna untuk menjaga mutu produk. 

"Dalam sosialisasi ini kami mengekspose terutama tentang SOP produk yang dapat kami terima, sampai bagaimana prosedur agar bisa bermitra dengan kami. Silahkan setelah UMKM Sawahlunto dapat memenuhi ketentuan-ketentuan tersebut dan kami siap menerima, silahkan datang untuk mengurus tindak lanjutnya," ujar Yudi Siswanto. 

Disperindagkop Sawahlunto, seperti yang disampaikan Kepala Disperindagkop, Mukhsis melalui Kabid Perdagangan, Tatang Sumarna, mengatakan bahwa untuk menindaklanjuti program kemitraan UMKM Sawahlunto dengan PT. Trans Retail Indonesia ini, akan dibentuk tim untuk mengkoordinir pelaku UMKM Sawahlunto yang berpeluang untuk dapat menyuplai produknya ke TransMart Padang. 

"Dalam membantu UMKM Sawahlunto ini, perlu dilakukan pengawasan dan peningkatan mutu produk serta pemasaran sehingga bisa tembus ke pasar retail, Transmart Padang. Hal yang bersifat teknis, nantinya akan dilaksanakan oleh tim yang segera akan dibentuk," pungkas Tatang Sumarna mengakhiri.

(Fidel)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update