Undang Tokoh Sumbar, URC Adakan Talkshow Interaktif UMKM
×

Adsense

Adsense Mobile

Adsense

Undang Tokoh Sumbar, URC Adakan Talkshow Interaktif UMKM

Minggu, 26 September 2021 | 13:00 WIB Last Updated 2021-09-26T13:19:49Z


URC Adakan Talkshow Interaktif UMKM
URC Adakan Talkshow Interaktif UMKM.

PADANG PANJANG, MJNews.ID - Membangkit Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Padang Panjang, UMKM Review Contest (URC) menggelar acara Talkshow dalam pembukaan Malam Anugerah URC Award 2021, di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota, Sabtu 25 September 2021 sore.

Talkshow yang bertajuk Interaktif UMKM itu, mengundang tokoh-tokoh Sumatera Barat, di antaranya Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, Kepala OJK Sumbar, Yusri, Associate Vice President Business Planning and Analysis Bukalapak, Muhammad Hanafi Kurniawan, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumbar, Wahyu Purnama, Direktur Kredit dan Syariah Bank Nagari, Gusti Candra, dan Direktur Abadi Group, H. Irwan.

Wako Fadly mengatakan, dalam merintis suatu usaha bukan modal menjadi tolak ukur, namun harus ada keberanian, mental yang kuat dan pandai memilah risiko-risiko yang akan terjadi saat merintis usaha. Dalam memulai sebuah usaha, pasti ada proses dan di dalamnya ada jatuh bangun. Ini menjadi tantangan seseorang sejauh mana bisa bersemangat dalam mengejar impian.

"Kita yakin dalam era digital sekarang ini, semua penggiat UMKM berani dalam merintis usahanya dan sudah memiliki mental yang kuat. Dan saya berharap dengan adanya URC ini, bisa lebih memanfaatkan teknologi digital, memperkuat relasi yang ada di sekitar. Saya juga yakin UMKM Kota Padang Panjang bisa lebih maju lagi ke depannya," ujar Fadly.

Ditambahkannya, dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang mana banyak berdampak besar terhadap UMKM, ada UMKM yang akhirnya tutup lapak dan banyak juga UMKM baru yang bermunculan. Namun ini semua tergantung bagaimana seorang pelaku UMKM tersebut bisa dan memiliki strategi untuk mempertahankan usahanya.

Sementara Muhammad Hanafi menyebutkan, dalam mengembangkan bisnis harus paham terhadap teknologi, paham mengenai digital dan bisa memanfaatkan teknologi yang terus berkembang pesat. Dari pada mementingkan banyaknya follower, lebih baik mementingkan kualitas produk dan pemasaran, marketing, branding dan promosi.

"Kita harus memiliki mindset untuk berkembang dan belajar hal-hal baru. Jangan sampai pada zaman ini teknologi yang menguasai kita, tapi kita yang harus menguasai teknologi. Kita memanfaatkan teknologi untuk hal-hal positif yang bisa digunakan untuk mengembangkan usaha kita. Intinya menguasai teknologi adalah kunci utama untuk bisa mempertahankan suatu usaha," tutur Hanafi.

(mutia)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update