Bupati Pimpin Rakor dengan Camat dan Walinagari se-Kabupaten Solok
×

Adsense

Adsense Mobile

Bupati Pimpin Rakor dengan Camat dan Walinagari se-Kabupaten Solok

Selasa, 05 Oktober 2021 | 21:00 WIB Last Updated 2021-10-06T05:49:19Z


Rakor dengan Camat dan Walinagari se-Kabupaten Solok
Bupati Pimpin Rakor dengan Camat dan Walinagari se-Kabupaten Solok.

Arosuka, MJNews.ID - Bupati Solok Epyardi Asda, M.Mar membuka secara resmi acara Rapat Koordinasi dengan Camat dan Walinagari se-Kabupaten Solok di ruang Rapat Solok Nan Indah, Senin 4 Oktober 2021.

Tampak hadir mendampingi Pj. Sekretaris Daerah Medison S.Sos, M.Mar, Asisten I Edisar, SH, M.Hum, Kepala DPMN Ferisnovel, S.IP, M.Si, Kabag PEM Drs. Syahrial, MM. Pertemuan ini dilaksanakan dalam rangka penyamaan persepsi peaksanaan pembangunan tahun 2021-2024.

Ferisnovel dalam sambutannya mengatakan sehubungan dengan penyusunan RPJMD Kabupaten Solok 2021-2026, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022, perlu dilakukan sinkronisasi antara konsep pembangunan daerah dengan konsep di nagari.

Sinkronisasi yang dilakukan pemerintah nagari adalah dengan melakukan review/revisi RPJMD dan RKP nagari, untuk diselaraskan dengan RPJMD Kabupaten Solok yang telah ditetapkan.

“Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk menyamakan persepsi konsep pembangunan yang akan dilakukan di nagari, untuk mendukung pelaksanaan program unggulan pemerintah daerah tahun 2022,” ujar Ferisnovel.

Selain itu juga untuk menghimpun seluruh proposal kegiatan pembangunan Kabupaten Solok tahun 2022, yang disesuaikan dengan visi misi Bupati Solok 2021-2026. Usulan ini akan dijadikan bahan masukan pada acara Rakorbang tingkat Kabupaten yang akan dilaksanakan pada Rabu 6 Oktober 2021 hari ini.

Dalam rangka perencanaan pembangunan nagari tahun 2022 terlebih dahulu ditetapkan melalui musyawarah nagari, dan sampai hari ini masih ada 15 nagari yang belum melaksanakan musyawarah nagari.

“Kami juga telah menghimpun proposal kegiatan dan irigasi di nagari sesuai dengan surat Bupati Solok pembangunan nomor : 4122/380/DPM-2021 tanggal 6 September 2021, berdasarkan permintaan data proposal kegiatan di nagari. Kondisi sampai sekarang ini masih ada 23 nagari yang belum disampaikan,” ujarnya lagi. 

Ferisnovel juga tertarik mengenai alokasi Dana Desa (DD) tahun 2022. Salah satu indikatornya adalah status desa berdasarkan Indeks Desa Membangun. Untuk kondisi tahun ini berdasarkan IDM tahun 2021 yang dikeluarkan oleh Kemendes, terdapat beberapa nagari yang berhasil meningkatkan statusnya.

Bupati Epyardi Asda dalam Arahnya menginstruksikan kepada seluruh Camat dan Walinagari yang hadir untuk serius mengikuti kegiatan ini. Karena ini kegiatan tentang pembangunan berbasis kebutuhan rakyat.

“Ini adalah rapat kerja yang sangat penting bagi saya, karena ini menyangkut kebutuhan masyarakat banyak yang ada di Kabupaten Solok. Rembukkan dan usulkan apa yang paling penting untuk pembangunan di nagari masing-masing,” tegas Bupati.

Bupati menghimbau segala kegiatan yang akan dilakukan harus sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan, jangan sampai ada yang melenceng dari peraturan yang ada, karena semua akan berurusan dengan hukum.

“Apa yang diinginkan masyarakat ditawarkan dalam kegiatan ini, agar saya sebagai Bupati bisa melaksanakan acara tersebut. Mari bersama-sama saling membantu dan bersinergi untuk kemajuan Kabupaten Solok yang kita cintai ini. Mari keras bekerja dan bekerja cerdas demi membangkitkan perekonomian masyarakat Kabupaten Solok” ungkap Bupati.

Kegiatan rapat ini diisi dengan tanya jawab mengenai permasalahan pembangunan infrastruktur, pertanian, kesehatan dan pariwisata.

(zal) 
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update