Bupati Solok Hadiri HUT Nagari Labuah Panjang ke-19
×

Adsense

Adsense Mobile

Bupati Solok Hadiri HUT Nagari Labuah Panjang ke-19

Jumat, 29 Oktober 2021 | 14:00 WIB Last Updated 2021-10-29T17:47:02Z

loading...
Arosuka. Mjnews.id - Bupati Solok, Epyardi Asda, M.Mar bersama Anggota Komisi V DPR RI Athari Gauthi Ardi menghadiri acara peringatan Hari Ulang Tahun Nagari (HUTNA) Labuah Panjang ke-19 yang dipusatkan di Masjid Raya Al Jami’ak Nagari Labuah Panjang, Kamis (28/10/2021).

Turut menghadiri Camat X Koto Diatas Riswandi Bahauddin beserta jajaran, Ketua TP-PKK Kecamatan Ny. Yurista Riswandi, Kepala OPD terkait, Forkompimcam, Walinagari Labuah Panjang Marlison, Ketua KAN Zainoval, niniak mamak, alim ulama, cadiak pandai, bundo kanduang dan masyarakat setempat.

Zainoval selaku Ketua KAN dalam sambutannya merasa bangga atas kehadiran Bupati Solok bersama Athari Gauthi Ardi dalam acara peringatan Hari Ulang Tahun Nagari Labuah Panjang ke-19 sekaligus pengukuhan kerapatan adat nagari. Acara ini terlaksana berkat adanya sokongan dan sumbangan dari masyarakat nagari, pemerintah maupun para perantau.


“Biasanya dalam pelaksanaan HUTNA ini kami membantai kerbau dari hasil sumbangan masyarakat Nagari Labuah Panjang, dan untuk tahun ini alhamdulillah ada satu orang masyarakat yang menyumbangkan 1 ekor kerbau miliknya dalam perayaan HUTNA tahun ini,” ujar Zainoval menambahkan.


Di akhir sambutannya, Ia meminta bantuan kepada Bupati untuk membangun balai-balai adat di Nagari Labuah Panjang.


Senada dengan Zainoval, Marlison mengatakan Nagari Labuah Panjang merupakan pemekaran dari daerah Paninjawan pada tanggal 28 Oktober 2002 yang lalu.


Zainova juga mengucapkan terimakasih kepada Ibu Athari Gauthi Ardi atas bantuan program bedah rumah kepada masyarakat pada tahun 2019 sebanyak 60 unit rumah.


“Kami berharap tahun depan masih ada bantuan bedah rumah untuk masyarakat dengan total lebih kurang sebanyak 75 unit rumah dengan rincian sekitar 40 buah rumah butuh peningkatan kualitas, dan 35 buah rumah butuh pembangunan baru,” ungkap Zainoval.


Selain itu Ia juga berharap adanya bantuan pembenahan jalan serta saluran irigasi. Kepada Bupati Ia meminta bantuan pembangunan masjid dan mendam tebing-tebing yang ada di sekitar masjid.

Pada kesempatan yang sama Athari Gauthi Ardi bertekad selama menjabat sebagai Anggota Komisi V DPR RI akan membawa program-program yang dapat membangun Kabupaten Solok menjadi lebih baik.


”Tugas saya sebagai Anggota DPR-RI adalah untuk membantu 19 kabupaten/kota yang ada di Sumbar. Untuk tahun 2022 mendatang 70% program akan saya alirkan untuk Kabupaten Solok, mudah-mudahan dengan kedatangan saya disini bisa menjalin silaturahmi dengan masyarakat terutama yang ada di Labuah Panjang ini” tegas Athari.


Selain itu Athari berharap di hari jadinya yang ke-19 Nagari Labuah Panjang menjadi nagari yang semakin diberkahi oleh Allah SWT. Athari secara pribadi juga memberikan sumbangan sebesar Rp. 5 Juta untuk membantu pembangunan Masjid Raya Al-Jamiak.

“Saya sebagai Bupati sangat senang bisa berkunjung ke Nagari Labuah Panjang ini. Mudah-mudahan dengan kehadiran saya, dapat menambah rasa persaudaraan diantara kita. Sebagai pemimpin Kabupaten Solok, saya wajib hukumnya untuk menyamaratakan masyarakat Kabupaten Solok ini,” ungkap Bupati Epyardi Asda.


Bupati juga menghimbau untuk melupakan Pilkada, dan bersatu untuk membangun Kabupaten Solok kedepannya. Bupati menjelaskan telah membentuk Solok Super Team (SST) untuk bekerja dan membangun Kabupaten Solok menjadi Kabupaten terbaik di Sumbar.

Persoalan pembangunan Mesjid Al-Jamiak, Bupati meminta agar dianggarkan untuk perubahan anggaran tahun 2021. Untuk balai-balai adat di Nagari Labuah Panjang akan diberikan bantuan sebesar Rp. 100 juta, dan juga akan membantu pagar sekolah SD Nomor 21 di Labuah Panjang.


Usai menghadiri peringatan HUTNA tersebut, Bupati bersama Anggota DPR-RI menyempatkan singgah ke Kantor Walinagari Paninjauan untuk meninjau pelaksanaan gebyar vaksinasi massal di Nagari Paninjauan, Kecamatan X Koto Diatas.

(zal)


Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update