Desa Dawung di Magelang Deklarasikan Anti Politik Uang
×

Adsense

Adsense Mobile

Desa Dawung di Magelang Deklarasikan Anti Politik Uang

Senin, 04 Oktober 2021 | 17:05 WIB Last Updated 2021-10-04T10:05:58Z

loading...
Desa Dawung di Magelang Deklarasikan Desa Anti Politik Uang
Desa Dawung di Magelang Deklarasikan Desa Anti Politik Uang.

MAGELANG, MJNews.ID - Politik uang adalah suatu bentuk pemberian atau janji menyuap seseorang baik supaya orang itu tidak menjalankan haknya untuk memilih maupun supaya ia menjalankan haknya dengan cara tertentu pada saat pemilihan. Tujuannya ialah mendapatkan dukungan politik dari mereka.

Praktik politik uang dalam pemilu akan menciptakan seorang pejabat publik yang korup. Dasar terjadinya korupsi di dalam pemerintahan ialah proses pemilihan umum/pemilihan kepala daerah yang didominasi praktik politik uang.

Hari Senin 4 Oktober 2021 pukul 10.00 s.d 13.00 WIB, dilaksanakan rapat koordinasi pengembangan Desa Anti Politik Uang Tahun 2021 di Gedung Serbaguna Desa Dawung, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Kegiatan ini di hadiri oleh Komisioner Bawaslu Kabupaten Magelang yaitu Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang, Habib Sholeh, S.S, dan 3 anggotanya yaitu Fauzan Rofiqun, S.Ag, Anwar Kholid dan Awan Wiratno serta beberapa Staf Bawaslu Kabupaten Magelang. Juga dihadiri Ketua Karang Taruna Kabupaten Magelang, Ahmad Khotim.

Dalam kesempatan ini, Ketua Karang Taruna Ahmad Khotim mempunyai agenda-agenda bagi-bagi masker. 

Peserta yang diundang dari berbagai elemen yang berjumlah 20 orang yaitu dari tokoh masyarakat, tokoh agama, karang taruna desa, kader, pendidik, dan unsur masyarakat lainnya, dan juga perangkat desa yang berjumlah 10 orang. 

Acara dibuka Kepala Desa Dawung Hasyim As'ari, S.H.I. yang dalam sambutannya menyampaikan antusiasme dengan kerja sama Desa Dawung dengan Bawaslu Kabupaten Magelang.

Hasyim juga menyampaikan pengalamannya sebagai Ketua PPK Kecamatan Tegalrejo, memberikan perhatian bahwa demokrasi dalam pemilu sangat penting, utamanya mengenai anti politik uang. 

Dalam hal yang sama, Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang, Habib Sholeh menyampaikan untuk mendapatkan Pemilu yang adil, jujur dan berintegritas, semua unsur baik Penyelenggara KPU, Bawaslu yang profesional juga dibutuhkan peserta pemilu yakni Partai Politik dan Calon Legislatif maupun Calon Bupati, Gubernur dan Presiden yang mentaati aturan, terlebih terkait politik uang.

"Masyarakat merupakan subjek politik yang berhak untuk memilih pemimpin yang mampu membawa negara menjadi lebih maju dan sejahtera," katanya.

Di akhir kegiatan, seluruh hadirin yang hadir melakukan deklarasi yang menyatakan Desa Dawung sebagai Desa Anti Politik Uang.

(yyk)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update