Di Rapimnas BaraJP, LaNyalla Sebut Wajah Indonesia adalah Mozaik dari Daerah
×

Adsense

Adsense Mobile

Adsense

Di Rapimnas BaraJP, LaNyalla Sebut Wajah Indonesia adalah Mozaik dari Daerah

Kamis, 30 September 2021 | 23:30 WIB Last Updated 2021-09-30T19:02:16Z


LaNyalla di Rapimnas BaraJP
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti beri sambutan secara virtual pada Rapimnas BaraJP di Jakarta, Rabu 29 September 2021. (dpd)

JAKARTA, MJNews.ID - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, menegaskan jika lembaga yang dipimpinnya mempunyai kewajiban untuk memperjuangkan kepentingan dan aspirasi stakeholder di daerah. Khususnya dalam konteks pembangunan nasional. 

Menurut LaNyalla, langkah tersebut sejalan dengan konsep pembangunan Indonesia Sentris yang digagas Presiden Joko Widodo.

LaNyalla mengemukakan hal tersebut saat memberikan sambutan secara virtual pada Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Barisan Relawan Jokowi Presiden (BaraJP) di Jakarta, Rabu 29 September 2021.

"Jika daerah kuat, maka Indonesia juga kuat. Bila daerah makmur, maka Indonesia juga makmur. Karena wajah Indonesia adalah mozaik dari wajah daerah," ucap LaNyalla.

Dijelaskannya, Konsep pembangunan Indonesia Sentris yang digagas Presiden Joko Widodo adalah membangun Indonesia dari seluruh wilayah. Terutama pulau-pulau di luar Jawa, dengan membangun infrastruktur untuk meringankan biaya logistik barang dan jasa. 

Menurut LaNyalla, hal itu akan sangat berdampak terhadap supply chain manajemen dalam perekonomian nasional. Sehingga persebaran arus barang dan jasa dapat dinikmati rakyat Indonesia dengan harga yang sama. 

"Oleh karena itu konsep pembangunan Indonesia Sentris yang digagas Presiden Joko Widodo harus kita dukung karena mampu mengurangi gap atau ketimpangan pembangunan antara Jawa dan luar Jawa selama ini," ucap Senator asal Jawa Timur itu.

LaNyalla mengakui masih ada banyak kendala di lapangan dalam implementasinya. Dan di situlah peran DPD RI membantu dan berkontribusi menyelesaikan kendala yang ada.

"DPD RI sebagai wakil daerah tentu akan selalu menyuarakan kepentingan daerah. Menyampaikan kendala dan hambatan yang dialami daerah. Sekaligus berusaha membantu percepatan penyelesaian persoalan-persoalan yang terjadi di daerah," paparnya. 

Dalam kesempatan itu, LaNyalla meminta BaraJP bekerja seperti DPD untuk perbaikan negeri. Apalagi BaraJP memiliki kader di 34 Provinsi di Indonesia. Sama persis dengan DPD RI, yang memiliki Senator di setiap Provinsi. 

Ia juga berharap BaraJP dan Senator DPD RI di daerah juga dapat bersinergi untuk saling mendorong dan membantu dalam kerja-kerja untuk negeri ini. Apalagi di tengah situasi recovery akibat dampak Covid-19 yang prosesnya membutuhkan energi yang lebih dari suasana normal. 

"Disitulah diperlukan sinergi dan kolaborasi dan lebih banyak kontribusi positif dari seluruh elemen bangsa 
untuk membantu pemerintah, khususnya dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional," jelasnya.

LaNyalla pun berharap Rapimnas BaraJP mampu menghasilkan rekomendasi maupun program yang membumi dan akan bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, bangsa dan negara.

(rls/dpd)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update