Dukcapil Lakukan Layanan Jemput Bola Perekaman KTP Kalangan Pelajar
×

Adsense

Adsense Mobile

Dukcapil Lakukan Layanan Jemput Bola Perekaman KTP Kalangan Pelajar

Selasa, 05 Oktober 2021 | 14:27 WIB Last Updated 2021-10-17T15:39:23Z

loading...
Padang Panjang, MJNews.ID - Sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri, Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pedoman Penerbitan Kartu Tanda Penduduk Berbasis Nomor Induk Kependudukan secara Nasional, maka Dinas Dukcapil Padang Panjang, kembali lebih gencar melaksanakan rekam atau pembuatan kartu tanda penduduk elektronik untuk tingkat pelajar (Fomula) se-Kota Padang Panjang. Hal tersebut, bertujuan untuk menuntaskan perekaman bagi Penduduk wajib KTP bagi kalangan pelajar tingkat SLTA.

Hal tersebut, dikatakan Kabid Pelayanan Adminduk, Laswarni menjawab MJNews.ID di ruang kerjanya, Selasa 5 Oktober 2021.

Dinas Dukcapil, melakukan jemput bola melakukan perekaman. Adapun tujuan pelayan Administrasi Kependudukan dengan sistem jemput bola atau layanan di luar Kantor untuk lebih mendekatkan pelayanan prima yang memuaskan bagi masyarakat. 

Walau pelayanan kepada masyarakat dinilai belum sempurna, minimal Disdukcapil sudah berupaya mengoptimalkan semua jenis pelayanan administrasi kependudukan

Oleh karena itu, dalam rangka melaksanakan Permendagri tersebut di atas maka Dinas Dukcapil Padang Panjang menerapkan motto IKHLAS.

Memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan menerapkan peraturan perundangan yang berlaku, dengan mengedepankan sikap ramah, santun dan terpuji, hormati pemohon dengan sepenuh hati.

Lakukan pekerjaan semaksimal mungkin, akuntabilitas, semangat pekerjaan dapat dipertanggung jawabkan. Solutif, setiap masalah selalu ada pemecahannya.

"Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang selalu berupaya bagaimana semua pelayanan maksimal dan masyarakat merasa terbantu," ujar Laswarni.

Untuk itu, target kita, hingga bulan Desember tahun 2021 ini, pelaksanaan perekaman tingkat pelajar dapat kita tuntaskan.

"Artinya, dari data 824 orang pelajar yang akan dilakukan perekaman, jelang akhir tahun pihaknya akan menuntaskan perekaman bagi kalangan pelajar yang baru pertama kali memiliki KTP," tukuk Laswarni.

Di tempat yang sama, Kadis Dukcapil Maini menambahkan, guna meningkatkan kualitas pelayanan, dukcapil pihaknya, telah lama melakukan program pelayanan jemput bola.

Pelayanan dengan sistem jemput bola, dibentuk dengan tujuan untuk mendekatkan serta mempercepat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil dengan cara mendatangi masyarakat, dan melaksanakan pelayanan di tempat. 

Pelayanan jemput bola, dilakukan oleh tim  dengan cara berkeliling ke lokasi-lokasi seperti kecamatan, kelurahan. Pelayanan ini menjadi produk unggulan dan merupakan program reguler yang dilaksanakan secara berkala, dan mendapat dukungan penuh dari masyarakat.

Terdapat beberapa macam pelayanan
Jemput bola pencatatan sipil antara lain, pencatatan akta kelahiran khusus anak usia 0-18 tahun.

"Pencatatan akta kematian, Perekaman KTP-el, Pencetakan KTP-el, Pencetakan Kartu Keluarga jemput bola difabel dan lansia, melayani door-to-door untuk perekaman KTP-el, ujar," Kabid Piak Yosita manambahkan.

(mutia)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update