Gus Ipul: Santri Penjaga Pilar Bangsa
×

Adsense

Adsense Mobile

Gus Ipul: Santri Penjaga Pilar Bangsa

Jumat, 22 Oktober 2021 | 17:00 WIB Last Updated 2021-10-23T07:29:27Z

loading...
PURWOREJO, MJNews.id - Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober merupakan momentum sejarah perjuangan santri dalam menjaga NKRI.

Seperti dituturkan oleh Gus Emha Saiful Mujab atau yang akrab disapa Gus Ipul, salah satu pengasuh Pondok Pesantren Sirembes Penungkulan Gebang Purworejo bahwa Pasca Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 terjadi kekacauan akibat datangnya pasukan sekutu termasuk Belanda di bawah komando Inggris

Untuk mengatasi situasi Presiden Soekarno didampingi Pak Soedirman sebagai Residen Jawa Timur sowan menemui Hadrotus Syeikh KH Hasyim Asy'ari untuk membicarakan solusi atas kekacauan yang terjadi.

Kemudian Hadrotus Syeikh KH Hasyim Asy'ari mengumpulkan para Ulama dan Kyai Jawa Madura yang kemudian melahirkan Resolusi Jihad kepada para santri untuk mempertahankan Kemerdekaan Republik ini. Maka terjadilah  peristiwa besar 10 November 1945  Surabaya dimana para santri yang dikomandani Bung Tomo memekikkan Takbir melakukan perlawanan hebat sehingga sekutu menyerah.

Menurut Gus Ipul, meskipun republik ini berdiri, para santri tetap konsisten dalam menjaga NKRI sekaligus membangun bangsa ini melalui fungsi keagamaan, pendidikan maupun organisasi dan politik.

Untuk itu, kami berharap pemerintah lebih serius dalam memperhatikan dunia pesantren, sebab sejarah membuktikan bahwa loyalitas dan komitmen santri terhadap NKRI tak bisa diragukan lagi.

"Kami mengucapkan, Selamat Hari Santri Nasional, Santri Siaga Jiwa Raga," pungkasnya.

(Eliska)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update