Hari Pangan Sedunia ke-41 Diperingati di Kota Sawahlunto
×

Adsense

Adsense Mobile

Hari Pangan Sedunia ke-41 Diperingati di Kota Sawahlunto

Rabu, 27 Oktober 2021 | 21:30 WIB Last Updated 2021-10-28T01:11:26Z

loading...
SAWAHLUNTO, MJNews.id - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sawahlunto pada Selasa (26/10/2021) memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-41 tingkat Kota Sawahlunto, di area Hall PTBA Kota Sawahlunto. 

Berbagai bentuk kegiatan dilakukan, mulai dari pameran serta lomba Tanaman Holtikultura, Pangan Olahan Bergizi, Madu Galo-galo dengan produk turunannya dan Lomba Cerdas Cermat Pertanian. 

Makanan yang kita pilih dan cara kita memproduksi, menyiapkan, memasak dan menyimpan serta menjadikannya bagian integral secara aktif dari cara kerja sistem pertanian pangan. 

"Sistem pertanian pangan yang berkelanjutan adalah sistem dalam bentuk berbagai makanan yang cukup, bergizi dan aman serta ketersediaan dengan harga terjangkau dan terbebas dari kelaparan atau menderita kekurangan gizi dalam bentuk apa pun," ungkap Walikota (Wako) Sawahlunto  Deri Asta, SH dalam sambutannya, yang juga dihadiri langsung oleh Ketua DPRD Kota Sawahlunto, Eka Wahyu, SE. 

Lebih lanjut dikatakan Wako Sawahlunto, sistem pertanian pangan berkelanjutan memberikan ketahanan pangan dan nutrisi untuk semua, tanpa mengorbankan basis ekonomi, sosial dan lingkungan, untuk generasi mendatang.

"Mereka mengarah pada produksi yang lebih baik, nutrisi yang lebih baik, lingkungan yang lebih baik serta  kehidupan yang lebih baik untuk semua," ungkap Deri Asta. 

Untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan pertanian, Pemko Sawahlunto telah dan akan terus bergerak melaksanakan berbagai program, mulai dari program bantuan, pendampingan/penyuluhan sampai program terkait lainnya. Program pro pertanian dari Pemko Sawahlunto ini, juga diikuti oleh jajaran Pemerintahan Desa melalui alokasi pada APBDes masing-masing desa. 

Kepala DKP3 Kota Sawahlunto, Henny Purwaningsih menguraikan berbagai bantuan. Diantaranya, bantuan untuk Alat Mesin Pertanian (Alsintan) pada tahun 2021, telah diserahkan kepada petani antara lain, Cultivator sejumlah 12 unit, traktor roda 2 sejumlah 4 unit, motor sprayer stick besar sejumlah 9 unit, motor sprayer stick kecil sejumlah 5 unit dan alat penyiang gulma sejumlah 5 unit. 

Untuk bantuan tanaman, diantaranya pinang, manggis dan sejumlah tanaman lain. Sedangkan untuk bantuan ternak berupa bantuan kambing, itik dan ayam. 

Sementara itu, untuk kegiatan HPS ke-41 serta penyerahan hadiah dari berbagai lomba dan sekaligus penutupan kegiatannya, dilakukan oleh Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti SE yang didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto, Dr dr Ambun Kadri MKM dan juga dihadiri oleh Ketua TP-PKK Kota Sawahlunto, Ny Meivyta Deri Asta.

(Fidel)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update