Kacang Hijau Jadi Berkah bagi Warga Desa Gumawangrejo Purworejo
×

Adsense

Adsense Mobile

Kacang Hijau Jadi Berkah bagi Warga Desa Gumawangrejo Purworejo

Senin, 04 Oktober 2021 | 20:27 WIB Last Updated 2021-10-04T13:27:54Z



Purworejo, MJNews.ID - Musim kemarau tahun ini menjadi berkah yang luar biasa bagi para petani di Desa Gumawangrejo, Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah dan sekitarnya.

Kacang hijau yang mereka tanam di sawah mulai panen dan saat harga ini jual kacang hijau lumayan tinggi. Para petani yang menanam kacang hijau merasa senang dan tidak mengenal lelah untu memanen kacang hijau di sawah.

Lahan seluas kurang lebih 5 hektare yang ada di Desa Gumawang  terlihat hijau dan asri dengan tanaman kacang hijaunya.

Kepala Desa Gumawangrejo, Sutoto merasa bangga karena masyarakatnya dengan semangat memanfaatkan lahan sawahnya untuk di tanami kacang hijau saat musim kemarau sehingga kesejahteraan masyarakat Desa Gumawang bisa lebih meningkat.

Selain bidang pertanian, Sutoto  Purnawirawan TNI AD berpangkat Mayor yang saat ini dipercaya masyarakat untuk memimpin Desa Gumawangrejo juga menganggarkan pembangunan kolam pemancingan dan juga ternak sapi yang dikelola BUMDes Desa Gumawang yang dipimpin oleh saudara Lilik.

Sarana prasarana pertanian juga dibangun seperti jalan usaha tani agar petani di desanya mudah untuk membawa hasil taninya.

"Selain padi hasil pertanian yang ada di Desa Gumawang  juga ada bingkuang," imbuhnya.

Pendamping Lokal Desa (PLD) Gumawangrejo Donny menyampaikan bahwa program pembangunan yang ada di desa Gumawang sudah cukup berimbang antara bidang fisik dan pemberdayaannya.
Alhamdulillah semua sudah memenuhi aturan dari pemerintah yang harus  melibatkan masyarakat desa dalam membangun.

Salah seorang petani saat ditemui media di sawah mengatakan senang sekali dengan musim panen kacang hujau saat ini bila dibanding tahun lalu yang harga kacang hijaunya lebih tinggi sekarang.

"Enak nanam kacang hijau mas dibanding kedelai.), harganya pun lebih tinggi kacang hijau," tuturnya.

(fix)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update