Master of Ceremony Terus Digembleng Jelang Hari Pelaksanaan MTQ
×

Adsense

Adsense Mobile

Master of Ceremony Terus Digembleng Jelang Hari Pelaksanaan MTQ

Rabu, 06 Oktober 2021 | 09:00 WIB Last Updated 2021-10-06T06:27:18Z



MC Terus Digembleng Jelang Hari Pelaksanaan MTQ
Sebanyak 45 MC Terus Digembleng Jelang Hari Pelaksanaan MTQ.

PADANG PANJANG, MJNews.ID - Sebanyak 45 Master of Ceremony (MC) yang akan memimpin jalannya perhelatan MTQ Nasional XXXIX Tingkat Provinsi Sumatera Barat terus digembleng Tim Panitia Kota dan Panitia Provinsi. Para announcer ini, dilatih para senior MC yang mahir di bidang olah pita suara itu.

“MC adalah seorang penguasa acara. MC yang berperan penting dari sebuah acara. Mulai dari pembukaan, pelaksanaan, dan sampai penutupan. MC akan menjadi daya tarik tersendiri pada acara,” ungkap Koordinator Announcer/MC MTQ, Gangga Desiawati didampingi Koordinator MC dari Protokoler Setdako, Elfia Candra menjawab, MJNews, Selasa 5 Oktober 2021.

Pelatihan ini, kata Gangga, merupakan salah satu cara membekali MC yang nantinya akan mengisi acara MTQ Sumbar di Padang Panjang.

Selain itu, Gangga mengatakan, pelatihan ini juga sangat penting untuk memberikan kepercayaan diri bagi MC, tidak hanya modal suara bagus saja. 

“Pelatihan ini bertujuan untuk menambah ilmu pengalaman serta wawasan untuk menjadi seorang MC profesional yang akan ditempatkan di masing-masing cabang musabaqah nantinya. Selain itu, walaupun acara MTQ ini selesai, para MC yang telah dilatih ini bisa juga dipakai di manapun tempat yang membutuhkan jasa mereka nantinya,” katanya.

Ditambahkannya, materi pelatihan yang diberikan di antaranya performance dan etika seorang MC di ajang musabaqah. Kemudian cara pengucapan lafaz bahasa Arab/fashohah dalam mengucapkan salam dan muqaddimah dan teknik vokal.

Sementara itu, narasumber dari Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar, Dr. Muslimah, STHI, M.Ag menjelaskan, para MC harus tahu dulu tentang konsep kegiatan musabaqah. “Kalau dia tidak tahu, bagaimana nantinya bisa memandu jalannya acara tersebut. Jadi untuk pertama, kepada MC ini kita kenalkan terlebih dahulu masing-masing cabang lomba yang akan dipertandingkan pada MTQ ke-39 di Kota Padang Panjang ini,” jelasnya. 

Lebih lanjut Muslimah menerangkan, para MC juga dibekali pengetahuan tentang tugas-tugas dan peranan MC. Mulai dari persiapan acara, jalannya acara, break, hingga selesainya acara. 

“Mengingat ini MC musabaqah, mereka juga harus memiliki kemampuan dalam artikulasi bahasa Arab yang jelas. Karena ini terkait dengan pembacaan ayat-ayat Al Qur’an. Kalau tidak fasih, ndak tepat rasanya nanti dia menjadi MC musabaqah,” terangnya.

(mutia)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update