Media Sosial Sebagai Wadah Personal Branding
×

Adsense

Adsense Mobile

Media Sosial Sebagai Wadah Personal Branding

Rabu, 27 Oktober 2021 | 02:00 WIB Last Updated 2021-10-27T07:01:01Z




Oleh: Dea Ananda

Mjnews.id - Seiring bertambahnya umur zaman maka semakin maju pula perkembangan teknologi dan peradaban manusia. Media sosial instagram, Twitter, dan Facebook merupakan salah satu bentuk dari perkembangan teknologi. Saat ini kita hidup di era digital yang mana semua informasi dapat dijangkau dari mana saja dan kapan saja. Media sosial merupakan bintang dari era ini, sebagian besar kehidupan masyarakat ada di media sosial dan interaksi komunikasi juga jauh lebih luas.

Manfaat media sosial mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan zaman. Jika sebelumnya media sosial hanya digunakan sebagai media komunikasi dan interaksi antar berbagai individu di tempat atau wilayah yang berbeda, namun saat ini media sosial juga dimanfaatkan sebagai wadah pengembangan karir dan citra diri. Hal ini juga merupakan salah satu dampak positif media sosial di era digital, yaitu sebagai wadah membangun personal branding.

Personal branding merupakan suatu proses atau kegiatan seorang individu untuk menampilkan citra diri kepada orang lain dengan tujuan mengenalkan atau mempromosikan diri. Salah satu contoh pemanfaatan media sosial sebagai wadah personal branding adalah munculnya istilah selebgram dan influencer. Selebgram atau influencer merupakan hasil dari proses personal branding melalui media sosial instagram secara terus-menerus dengan membagikan konten yang sesuai dengan citra yang diinginkan.

Aktivitas di media sosial setiap harinya semakin meningkat dan jumlah penggunanya juga terus bertambah. Berdasarkan laporan perusahaan media di Inggris, We Are Social. Bekerja sama dengan Hootsuite, keduanya merilis laporan "Digital 2021: The Latest Insights Inti The State of Digital" yang diterbitkan pada 11 Februari 2021.

Menurut laporan tersebut pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai 170 juta orang. Berdasarkan data tersebut maka potensi untuk mempromosikan diri semakin luas terlebih di masa pandemi saat ini aktivitas media sosial jauh meningkat dibandingkan sebelumnya.

Membagikan foto, video atau konten lainnya melalui media sosial bukan hanya sekedar hiburan semata tapi juga sebagai wadah membangun personal brand. Saat ini penilaian orang lain terhadap seseorang juga dilakukan dengan melihat aktivitasnya di media sosial, mengenai hal apa yang dilakukan, dibagikan bahkan yang digemari.

Membangun personal brand melalui media sosial tidak membatasi karir apa saja yang dikembangkan atau yang sedang dirintis yang paling penting adalah bagaimana seseorang itu mampu memanfaatkan media sosial untuk menunjukkan siapa dirinya kepada orang lain. 

Jika melihat fenomena saat ini, bagaimana mudahnya seseorang membangun personal brand melalui media sosial dengan konten yang dibagikan maka diasumsikan bahwa setiap pengguna media sosial pada dasarnya memiliki kesempatan yang sama untuk mempromosikan diri dan menunjukkan eksistensinya terhadap khalayak.

Meski demikian, masih banyak pengguna media sosial yang belum menyadari pentingnya membangun personal brand melalui media sosial. Padahal seperti yang sebelumnya dibahas aktivitas media sosial juga menjadi aspek penilaian orang lain terhadap seorang individu.

Tujuan personal branding melalui media sosial sangat beragam, mulai dari mengembangkan karir, membangun atau menjaga citra hingga mencari keuntungan dengan berbisnis. Maka dari itu seharusnya setiap pengguna media sosial dapat memahami betapa pentingnya membangun personal brand melalui media sosial dalam kehidupan dunia maya.

Selain itu, diharapkan setiapa pengguna media sosial juga mampu mengambil setiap kesempatan yang ada melalui manfaat personal branding. Kemudian, personal branding di media sosial harus dilakukan dengan bijak dan baikkarena apabila salah membagikan konten atau informasi maka citra negatiflah yang akan dituai. 

Manfaat yang dapat diambil dari personal branding di media sosial adalah kita dapat menunjukkan ciri khas dan perbedaan kita dengan orang lain sehingga kita juga dapat menonjol dengan bakat, keunikan dan prestasi yang dimiliki.

Personal branding juga dapat memperluas jaringan kita dengan orang lain yang di kemudian hari dapat membantu kita dalam berbagai hal. 
Melalui Personal branding di media sosial kita mampu menunjukkan kelebihan atau kemampuan yang dimiliki dengan mudah dan mampu menjangkau banyak audiens. 

(***)

Penulis, Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Andalas Padang

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update