Nono Sampono Sampaikan Orasi Kebangsaan pada Acara Wisuda Universitas Saburai
×

Adsense

Adsense Mobile

Nono Sampono Sampaikan Orasi Kebangsaan pada Acara Wisuda Universitas Saburai

Minggu, 31 Oktober 2021 | 02:00 WIB Last Updated 2021-10-31T09:42:20Z

loading...
Nono Sampono Sampaikan Orasi Kebangsaan pada Acara Wisuda Universitas Saburai
Nono Sampono Sampaikan Orasi Kebangsaan pada Acara Wisuda Universitas Saburai.

Bandar Lampung, Mjnews.id - Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono mengingatkan pada mahasiswa untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila. Pernyataan tersebut ia sampaikan dalam orasi kebangsaan dalam rangka wisuda sarjana dan pascasarjana di Universitas Saburai, Lampung, Sabtu 30 Oktober 2021.

Hal tersebut disampaikan lantaran kelak generasi muda akan menerima tongkat estafet kepemimpinan nasional sehingga Pancasila perlu menerapkan nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman hidup, dihadirkan dalam ruang publik, serta dipraktikkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Menurut Nono, pembentukan mental karakter yang memiliki pondasi nilai Pancasila diharapkan dapat mengantisipasi dampak negatif perkembangan cepat teknologi dan dunia maya di era disruptif seperti sekarang ini.

“Mahasiswa harus dapat menerapkan dan menjalankan Pancasila sebagai pedoman hidup di dalam masyarakat dan di dalam kehidupan akademiknya. Mahasiswa harus menempa dirinya secara terus-menerus, agar menjadi kader bangsa yang memiliki jati diri," ujar Nono.

Selain itu, Nono juga menambahkan maraknya paham radikalisme yang mulai masuk ke dunia kampus tidak bisa dipandang remeh. Untuk mengatasi itu, perlu adanya wawasan kebangsaan yang tidak bertentangan dengan ideologi Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Dalam kesempatan tersebut, Nono Sampono juga mengingatkan agar para wisudawan berjuang keras dan fokus dalam mencapai cita-cita.

Dirinya berharap, agar nilai Pancasila tidak hanya sekadar pengetahuan belaka, namun perlu menanamkan dan mewarisi nilai Pancasila. Sebab, estafet kepemimpinan negara ada di tangan mahasiswa sebagai generasi unggul dan tumpuan bangsa.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Universitas Saburai, Dr Lina Maulidiana SH MH menyampaikan bahwa jumlah mahasiswa yang diwisuda sebanyak 614 orang. Pelaksanaan wisuda tetap menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19.

“Para alumni Universitas Saburai diharapkan menjaga nama baik almamater. Alumni juga memiliki tanggungjawab sosial di tengah-tengah masyarakat,” pintanya.

Rektor Universitas Saburai juga menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Nono Sampono yang telah hadir untuk berorasi di hadapan civitas akademika Universitas Saburai.

Turut hadir dalam wisuda, anggota DPD RI asal Lampung yakni Bustami Zainudin, Ahmad Bastian, Abdul Hakim, dan Jihan Nurlela.

(rls/dpd)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update