Pemko Sawahlunto Bikin Rekor, Enam Kali Berturut-turut Terima Penghargaan Opini WTP
×

Adsense

Adsense Mobile

Pemko Sawahlunto Bikin Rekor, Enam Kali Berturut-turut Terima Penghargaan Opini WTP

Senin, 25 Oktober 2021 | 22:00 WIB Last Updated 2021-10-25T15:40:13Z



Pemko Sawahlunto Terima Penghargaan Opini WTP
Pemko Sawahlunto Bikin Rekor, Enam Kali Berturut-turut Terima Penghargaan Opini WTP.

Sawahlunto, Mjnews.id - Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto kembali menerima penilaian secara nasional, berupa Penghargaan Opini WTP. 

"Penghargaan yang kita dapat dan diterima secara berturut-turut ini, dipersembahkan untuk semua warga masyarakat, Kota Sawahlunto," demikian Walikota (Wako) Sawahlunto, Deri Asta, SH, saat menerima plakat dan piagam penghargaan Opini WTP enam (6) kali berturut-turut pada Senin 25 Oktober 2021, di Istana Gubernuran Padang. 

Wako Deri Asta dalam kegiatan ini, didampingi langsung oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Sawahlunto, Dr dr Ambun Kadri MKM. 

Pemko Sawahlunto, dinilai patuh serta taat terhadap regulasi, dalam pengelolaan dan pelaporan keuangan. Karenanya, untuk tahun ini kembali Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI memberikan penghargaan dalam bentuk WTP untuk yang ke 6 (enam) kalinya, secara berturut-turut kepada Kota Sawahlunto. 

Prestasi dalam meraih Opini WTP sebanyak 6 kali berturut-turut, diperoleh Pemko Sawahlunto dari Kementerian Keuangan RI melalui Ditjen Perbendaharaan Sumbar. 

Plakat dan piagam penghargaan untuk Pemko Sawahlunto itu, diserahkan langsung oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sumbar, Heru Pudyo Nugroho, kepada Walikota Sawahlunto, Deri Asta dan disaksikan oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah.

Dalam pengelolaan dan pelaporan keuangan oleh Pemko Sawahlunto, telah terbukti dilakukan secara baik dan telah sesuai dengan regulasi. Hal ini, dibuktikan dengan keberhasilan Pemko Sawahlunto, kembali memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diberikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI hingga sudah enam (6) kali secara berturut-turut. 

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sumbar, Heru Pudyo Nugroho, menyebutkan bahwa keberhasilan meraih WTP terutama pada tahun 2020 lalu dan berlangsung pada saat serta semasa pandemi Covid-19, bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. 

"Kita patut mengapresiasi pemerintah daerah (Sawahlunto), yang tetap berhasil memperoleh Opini WTP di tengah situasi penanganan Pandemi Covid. Kepada daerah yang telah memperoleh WTP, sampai enam kali berturut-turut, tentunya sangat perlu kita apresiasi. Karena telah menunjukkan komitmen yang kuat dan nyata, dalam pengelolaan dan pelaporan keuangan daerah, sesuai dengan Undang-Undang," ungkap Heru Pudyo Nugroho, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sumbar. 

Dalam kesempatan ini, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah menyatakan bahwa, WTP merupakan sebagai pertanda yang sah dan resmi. Bahwa pemerintah daerah yang memperolehnya sudah patuh dan taat dengan regulasi dalam mengelola keuangan daerah. 

Sementara itu, Walikota Sawahlunto Deri Asta SH kembali menyampaikan, Opini WTP ini menunjukkan bahwa pengelolaan dan pelaporan keuangan Pemko Sawahlunto telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan atau regulasi yang berlaku. 

"Hal ini, merupakan fakta yang jelas dan tak terbantahkan bahwa Pemko Sawahlunto, telah melaksanakan pengelolaan keuangan negara secara patuh dan taat pada regulasi/hukum yang berlaku," ujar Wako Deri Asta. 

Keberhasilan Sawahlunto dalam meraih WTP hingga enam (6) kali berturut-turut, merupakan buah dari komitmen serta kerjasama semua pihak dan sektor. Semua ini tentunya tidak hanya kinerja dari jajaran di Pemko tetapu juga dukungan dari semua pihak, termasuk warga masyarakat Sawahlunto. 

"Dalam kesempatan ini, kita berterimakasih kepada semua jajaran di Pemko serta Forkopimda dan intansi/lembaga terkait lainnya atas segala dukungannya," ungkap Wako Sawahlunto. 

Walikota Deri Asta mengingatkan bahwa perjalanan kita masih panjang dan jalan yang akan dilalui harus tetap dengan mempertahankan kinerja. Artinya, Pemko Sawahlunto dan jajarannya, tidak akan berpuas diri dengan Opini WTP yang diperoleh enam (6) kali berturut-turut ini. 

"Kita bersyukur dengan apa yang telah kita dapatkan sekarang. Tapi jangan lupa, untuk tahun-tahun berikutnya kita harus tetap mampu mempertahankan Opini WTP. Jangan lengah, karena kita harus berkomitmen dalam bekerja, agar tetap dilakukan secara maksimal," urai Wako Deri Asta menegaskan. 

Sementara itu, Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (BPKAD) Sawahlunto, Dodi Febrizal menjelaskan bahwa Pemko Sawahlunto, dalam memperoleh Opini WTP berturut-turut untuk yang ke enam (6) kalinya ini, diawali pada tahun 2015, 2016, 2017, 2018, 2019 dan 2020. 

Dalam kegiatan penyerahan plakat dan piagam penghargaan dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sumbar ini, sekaligus juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepakatan tentang pemanfaatan bersama data dan informasi. 

Serta dilakukan penguatan kordinasi penyelenggaraan pelaksanaan kebijakan pengelolaan keuangan publik, dalam pelaksanaan hubungan keuangan, antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.

(Fidel)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update