Pemko Sawahlunto Membangun Kota dengan Siapkan SDM yang Baik dan Tangguh
×

Adsense

Adsense Mobile

Pemko Sawahlunto Membangun Kota dengan Siapkan SDM yang Baik dan Tangguh

Minggu, 03 Oktober 2021 | 19:30 WIB Last Updated 2021-10-03T12:30:34Z



Wisuda Tahfidz
Wawako Zohirin Sayuti menghadiri kegiatan Wisuda Tahfidz Angkatan pertama (I) Juz 30 dari Rumah Tahfidz Masjid Agung Nurul Islam, Kota Sawahlunto, Minggu 3 Oktober 2021.

SAWAHLUNTO, MJNews.ID - Wakil Walikota (Wawako) Sawahlunto, Zohirin Sayuti, SE pada Minggu 3 Oktober 2021, menghadiri kegiatan Wisuda Tahfidz Angkatan pertama (I) Juz 30 dari Rumah Tahfidz Masjid Agung Nurul Islam, Kota Sawahlunto.

"Pemko Sawahlunto sangat mendukung dan selalu memberi apresiasi terhadap berbagai kegiatan yang berhubungan dengan keagamaan, seperti rumah tahfidz ini. Karena dalam misi Pemko Sawahlunto, tahfidz Quran termasuk ke dalam salah satu misi pertamanya, menciptakan kehidupan beragama dan budaya yang semakin baik," urai Wawako Sawahlunto. 

Lebih lanjut, Wawako Zohirin Sayuti menjelaskan, untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM), saat ini di Sawahlunto terdapat para guru TPQ/TPA/TPSQ sebanyak 454 orang, guru tahfidz berjumlah 35 orang, imam masjid berjumlah 23 orang, muadzin berjumlah 23 orang, gharin masjid berjumlah 86 orang dan sebagai penyelenggara jenazah berjumlah 25 orang serta konsultan agama, sebanyak 8 orang. 

Untuk memotivasi dan meningkatkan pendapatannya, para guru tersebut dibantu oleh Pemko dengan memasukkannya ke dalam anggaran untuk insentif. Dengan besarannya, para guru TPQ/TPA/TPSQ sebesar Rp. 500 ribu/bulan, guru tahfidz sebesar Rp. 1.500.000,-/bulan, imam masjid sebesar Rp. 1.250.000,-/bulan, muadzin sebesar Rp. 750 ribu/bulan dan gharim masjid sebesar Rp. 500 ribu/bulan. 

Sementara itu, bagi penyelenggara jenazah, mendapatkan Rp. 500 ribu/bulan dan konsultan agama sebesar Rp. 1.700.000,-/bulan,” urai Wawako Zohirin Sayuti. 

Berbagai program keagamaan yang sudah dijalankan oleh Pemko Sawahlunto, berdasarkan kepada misi Pemko Sawahlunto, dalam menciptakan dan menyiapkan SDM serta kehidupan beragama dan berbudaya yang semakin baik dan tangguh. 

Program Rumah Tahfidz Quran (RTQ), Pemko Sawahlunto yang sudah berjalan, saat ini menjadi perhatian dari beberapa daerah, baik kabupaten/kota di lingkup Provinsi Sumbar. Program Rumah Tahfidz Pemko Sawahlunto bahkan sudah menjadi acuan bagi sebagian Kabupaten/Kota di Sumatera Barat. Seperti kunjungan yang dilakukan oleh Pemkab 50 Kota, beberapa waktu lalu ke Sawahlunto. 

“Kami telah mendengar di Kota Sawahlunto ini, berbagai program keagamaan seperti rumah tahfidz, pembayaran insentif untuk para guru TPQ, imam masjid, muazim hingga gharin masjid, telah berjalan secara baik dan cukup berhasil. Karenanya, kami datang untuk dapat melihat dan berdiskusi langsung dengan jajaran Pemko Sawahlunto,” ujar Wabup 50 Kota, Riski Kurniawan Nakasari saat kunjungannya ke Sawahlunto beberapa waktu lalu.

(Fidel)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update