Penyelenggaraan Adminduk Disdukcapil Sawahlunto Juara II Terbaik Tingkat Sumbar
×

Adsense

Adsense Mobile

Adsense

Penyelenggaraan Adminduk Disdukcapil Sawahlunto Juara II Terbaik Tingkat Sumbar

Rabu, 13 Oktober 2021 | 22:30 WIB Last Updated 2021-10-14T02:49:38Z


Disdukcapil Sawahlunto Juara II Terbaik Tingkat Sumbar
Disdukcapil Sawahlunto Juara II Terbaik Tingkat Sumbar.

SAWAHLUNTO, MJNews.id - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sawahlunto berhasil meraih juara terbaik II berprestasi di tingkat Provinsi Sumbar. Penghargaan ini diberikan kepada Disdukcapil Sawahlunto sebagai Juara II dalam penilaian penyelenggaraan administrasi kependudukan. 

Piagam penghargaan sebagai Juara II Disdukcapil terbaik tingkat Provinsi Sumbar tersebut, diserahkan langsung oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakhrullah kepada Pemko Sawahlunto melalui Wakil Walikota (Wawako)  Sawahlunto, Zohirin Sayuti, SE, Rabu (13/10/2021) di Padang. 

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy menyebut bahwa penilaian penyelenggaraan administrasi kependudukan ini dilakukan oleh Pemprov Sumbar sebagai salah satu jalan, untuk  memonitor kinerja Disdukcapil Kabupaten/Kota. 

Wagub Audy menilai bahwa, penyelenggaraan administrasi kependudukan merupakan hal yang penting dan sangat diperlukan oleh masyarakat. Sehingga diperlukan arah peningkatan secara terus menerus, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. 

"Kepada Disdukcapil Kabupaten/Kota yang telah dinilai dan termasuk ke dalam kategori juara, kami ucapkan selamat dan jangan lalai dalam mempertahankan prestasi ini. Kita harus melihatnya bahwa hal ini bukan sekedar prestasi tetapi merupakan pengabdian dalam melayani masyarakat," ungkap Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy dalam sambutannya. 

Sementara itu, Wakil Walikota (Wawako) Sawahlunto, Zohirin Sayuti SE mengatakan bahwa prestasi yang diraih Disdukcapil Sawahlunto adalah cermin bahwa setidaknya, telah ada dua (2) misi Pemko Sawahlunto yang terlaksana dengan baik. Kedua misi tersebutadalah, menghadirkan pemerintahan yang baik, bersih dan inovatif serta tersedianya infrastruktur publik yang merata dan memadai. 

Dalam penilaian ini, berbagai indikator dalam penyelenggaraan administrasi kependudukan, seperti yang dilaporkan Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakhrullah berupa standar pelayanan, sarana pra sarana, sistem informasi, pengelolaan pengaduan masyarakat, inovasi, komitmen kepala daerah. 

Sekretaris Disdukcapil Sawahlunto, Nasratul Choiriyah, menyatakan bahwa Disdukcapil Sawahlunto telah berusaha untuk berkerja secara baik, dengan memunculkan berbagai inovasi untuk mencapai target yang ditetapkan. 

"Contohnya, untuk dokumen kependudukan paling dasar seperti KTP, Akte Kelahiran dan KIA. Untuk KTP dari target 100 persen sudah kita capai 106,36 persen. Untuk Akte Kelahiran, dari target 98 persen sudah kita capai 98,13 persen. Dan untuk  KIA, sudah kita capai 63,05 persen," ujar Nasratul Choiriyah menguraikan. 

Untuk inovasi, pada tahun 2021 ini antara lain dengan adanya pelayanan khusus lansia dan disabilitas, pelayanan itsbat pernikahan, sampai petugas registrasi datang agar dokumen kependudukan tuntas. 

"Intinya, kami terus meningkatkan sistem dan langkah-langkah agar masyarakat semakin dipermudah dan dipercepat dalam mengurus pelayanan kependudukan," ungkap Nasratul Choiriyah menambahkan. 

Untuk menuju pelayanan yang efektif dan efisien, dioptimalkan melalui penggunaan Information Technology (IT). Dan masyarakat bisa berkonsultasi dengan admin  Disdukcapil melalui WhatsApp dan media sosial,  seperti Facebook dan Instagram. 

"Dalam masa pandemi Covid - 19 sekarang, penggunaan pelayanan melalui IT atau sistem online, sungguh sangat terasa sekali manfaatnya. Karena masyarakat, tidak perlu datang secara langsung ke kantor untuk  mencegah kerumunan dan kontak fisik yang berpotensi pada penyebaran pandemi Covid," ujar Nasratul Choiriyah kepada awak media Sawahlunto. 

Prestasi ini bukti nyata bahwa kita sudah di jalur yang benar dan baik. Kewajiban kita ke depannya, adalah mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang sudah diraih ini. 

"Untuk pelayanan administrasi kependudukan, tentunya tidak perlu menunggu penilaian untuk mengoptimalkan dan memunculkan inovasi. Karena dalam hal ini, masyarakat yang akan langsung menilai kita. Artinya, ada atau tidak penilaian, yang harus dipastikan adalah pelayanan administrasi kependudukan Sawahlunto harus tetap tangguh dan baik," ujar Wakil Walikota Zohirin Sayuti mengakhiri.

(Fidel)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update