Samadi, Buruh Pencari Rumput di Kebumen
×

Adsense

Adsense Mobile

Samadi, Buruh Pencari Rumput di Kebumen

Minggu, 31 Oktober 2021 | 08:00 WIB Last Updated 2021-10-31T08:23:43Z


Samadi
Samadi.

KEBUMEN, MJNews.id - Buruh tani dan ternak konvensional di sekitar kita banyak kita temui karena negara kita Indonesia tercinta adalah negara agraris, yang sangat mudah dan cocok untuk pertanian juga peternakan.

Samadi, 55 tahun warga Kecamatan Buluspesantren, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah salah satu buruh tani ternak yang hanya mengandalkan menjadi buruh ngarit (mencari rumput) untuk makanan ternak.

Menyampaikan kepada wartawan yang menemuinya sewaktu sedang memanggul hasil merumput, menceritakan masa lalu yang pernah bekerja sebagai buruh migran, sebagai tukang batu serta pengalaman lainnya sewaktu merantau dulu, Sabtu 30 Oktober 2021.

Dengan menjadi buruh ngarit seperti sekarang, saya sudah merasa cukup untuk menghidupi keluarga. Sing penting halal, kepenak dirasakaken pak  (yang penting halal, enak dinikmati pak)," tutur ayah tiga orang anak dengan empat cucu dan satu istri tersebut.

Aktivitas yang dijalani setiap hari hanya fokus mencari rumput dari pagi sampai sore. 

"Rumput yang dihasilkan pagi hari sekitar 3 kantong untuk dijual demi mencukupi kebutuhan keluarga, sedangkan hasil sore hari untuk memberi makan sapinya sendiri yang 4 ekor," tuturnya.

(Ctr)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update