Sanggar SMMD Binaan Disparbud Pariaman Boyong Tiga Piala di Pekan Kebudayaan Sumbar
×

Adsense

Adsense Mobile

Adsense

Sanggar SMMD Binaan Disparbud Pariaman Boyong Tiga Piala di Pekan Kebudayaan Sumbar

Rabu, 13 Oktober 2021 | 00:00 WIB Last Updated 2021-10-12T17:00:00Z


Sanggar SMMD Binaan Disparbud Pariaman
Sanggar SMMD Binaan Disparbud Pariaman Boyong Tiga Piala di Pekan Kebudayaan Daerah Provinsi Sumbar. (humas)

Kota Pariaman, Mjnews.id - Pameran Kuliner Tradisional pada Event Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2021 yang digelar Dinas Kebudayaan Sumbar di Taman Budaya dan Museum Adityawarman, Padang, Sabtu (2/10/2021) lalu memberikan dampak baik bagi perkembangan kebudayaan dan kearifan lokal Kota Pariaman.

Hal ini dibuktikan dengan disabetnya piala kemenangan tiga kategori dari empat kategori yang ditetapkan juri dalam event PKD tersebut, yang diboyong pulang oleh Sanggar Mustika Minang Duo yang merupakan mitra dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman.

Empat kategori yang diikuti yaitu ma-randai, Tari Piriang, Bagalombang, Baju Kuruang Basiba, dan untuk kategori randai dan bagalombang masuk lima kategori penampil terbaik dan juara 3 pada kategori baju kuruang basiba (remaja).

Walikota Pariaman, Genius Umar, yang mendapati kabar tersebut sampaikan ucapan terima kasih dan selamat kepada sanggar mustika minang duo yang merupakan mitra binaan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman atas prestasi dan dedikasinya dalam mengikuti event tersebut.

"Alhamdulillah, kita mampu tunjukan dengan hasil terbaik dengan diraihnya penghargaan tersebut, hal ini akan berdampak baik bagi perkembangan seni budaya Kota Pariaman dan Sumatera Barat, terutama ini menjadi motivasi bagi generasi muda Kota Pariaman untuk lebih kreatif lagi dalam mengemas adat dan budaya daerah," ujar Genius, Selasa 12 Oktober 2021.

Sehingga, sambung Genius, ini menjadi potensi promosi daerah Kota Pariaman yang sangat membantu Pemko Pariaman dalam lebih menggaet kunjungan pariwisata ke Kota Pariaman sebagaimana tertuang dalam visi misi Kota Pariaman.

"Semoga dengan prestasi yang diraih ini menjadi motivasi bagi sanggar-sanggar lain dibawah binaan Disparbud Kota Pariaman untuk terpacu dalam berkreasi dan melahirkan lebih banyak karya lagi," singkat Genius.

Sementara itu, Pimpinan Sanggar Mustika Minang Duo, Eka Fitria, kerja keras yang ditampilkan pada event tersebut menjadi pesan yang baik untuk kaum millenial Kota Pariaman agar senantiasa dekat dengan kebudayaan, agar budaya yang telah ada sejak lama selalu ada pewarisnya.

“Dukungan penuh dari Walikota Pariaman Genius Umar dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman menjadi faktor yang berpengaruh dalam keberhasilan kami dalam event ini,” sambung Eka.

Dari seluruh kategori yang diikuti telah memenuhi harapan. “Penampilan SMMD pada seluruh kategori telah memenuhi harapan. Namun, kemenangan ini bukan alasan untuk kita berpuas diri, kerja keras dan kerja sama yang telah terbangun harus ditingkatkan lagi untuk kegiatan kebudayaan selanjutnya, baik tingkat daerah maupun nasional," ujar Eka.

Di tempat berbeda, Kasubid Kebudayaan, Disparbud Kota Pariaman, Nur Afni Fuady, menyampaikan bahwa Disparbud akan terus melaksanakan pembinaan terhadap sanggar-sanggar dibawah binaan serta mengirim sanggar-sanggar yang siap pada event kebudayaan selanjutnya, terkhusus untuk SMMD beliau menyampaikan agar terus berkarya dan menghasilkan seni yang berkualitas dan membawa harum Kota Pariaman.

(fd/sul)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update