Seorang Lansia Kota Solok Dilepas ke Panti Tresna Werdha Batusangkar
×

Adsense

Adsense Mobile

Adsense

Seorang Lansia Kota Solok Dilepas ke Panti Tresna Werdha Batusangkar

Jumat, 08 Oktober 2021 | 22:00 WIB Last Updated 2021-10-08T15:47:03Z


Lansia Kota Solok Dilepas ke Panti Tresna Werdha Batusangkar
Lansia Kota Solok Dilepas ke Panti Tresna Werdha Batusangkar.

Solok, MJNews.ID - Salah satu warga RT 02 RW 04 Kelurahan Kampung Jawa, bapak Asril seorang Lansia yang berusia 65 tahun hidup sebatang kara di rumah yang kurang layak huni dilepas oleh Dinas Sosial dan pihak kelurahan setempat berangkat ke Panti Sosial Tresna Werdha (Panti Jompo) Kasih Sayang Ibu Batusangkar.

Pengiriman bapak Asril ke Panti Jompo tersebut berkat informasi dari Tuminah, salah satu kader Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kelurahan Kampung Jawa kepada Dinas Sosial Kota Solok.

Setelah dilakukan penelusuran dan komunikasi dengan bapak Asril, akhirnya yang bersangkutan bersedia untuk dibawa ke Panti Sosial Kasih Sayang Ibu di Batusangkar, salah satu UPTD di lingkungan Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat yang mempunyai tugas pokok memberikan perawatan dan pelayanan kesejahteraan sosial kepada lanjut usia, baik jasmani maupun rohani agar para lanjut usia dapat hidup secara wajar.

Keberangkatan bapak Asril dijemput langsung oleh pimpinan Panti Sosial Kasih Sayang Ibu dan dihadiri oleh pihak terkait yang ikut melepas yakni pejabat Dinas Sosial bersama kader PSM, Lurah Kampung Jawa, Ketua RW 04, Ketua RT 02, Bhabinkantibmas serta petugas Linmas Kampung Jawa, Kamis 6 Oktober 2021 pagi.

Ketua RW 04 Kelurahan Kampung Jawa, Atanur menceritakan, sebelumnya ia juga telah berinisiatif mengantarkan bapak Asril pergi berobat ke RS M. Natsir serta melaporkan kondisi yang tengah dialami warganya itu ke pihak kelurahan. Diungkapkan bahwa bapak Asril sebelumnya juga sudah sering menerima bantuan sosial dari pihak terkait.

“Saya khawatir melihat beliau sakit-sakitan apalagi hidup sendirian di rumahnya, makanya saya bawa berobat dan segera melaporkan ke pihak kelurahan,” ujar Atanur.

Hendrizal selaku Lurah Kampung Jawa, cepat tanggap dalam menerima laporan Ketua RW 04 ini, dan segera melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial Kota Solok melalui PSM Kampung Jawa yang memiliki kewenangan dalam pemetaan, pendataan serta penanganan kondisi sosial warga.

“Berkat kerjasama yang baik antara warga, RT, RW, Kelurahan dan cepat tanggapnya Dinas Sosial dalam memberikan perhatian terhadap warga kami bapak Asril sehingga dapat hidup secara layak dan wajar dengan perawatan yang baik di panti sosial nantinya,” ucap Lurah kampung Jawa pada kesempatan itu.

Menurut Kementerian Kesehatan, golongan lanjut usia atau Lansia adalah mereka yang berusia lebih 60 tahun ke atas. Lansia membutuhkan perhatian khusus, karena kemampuan fisik yang semakin lemah dan berbagai masalah kesehatan dan psikis yang semakin menurun.

Kebahagiaan adalah salah satu hal yang penting bagi Lansia. Rasa bahagia dan kesehatan adalah dua hal yang saling berkaitan. Saat seorang lansia merasa bahagia, ia cenderung memiliki fisik yang sehat, dan begitu pula sebaliknya. Tak hanya itu, lansia yang bahagia menunjukkan kesehatannya juga terjaga.

(zal)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update