Sosial Media dan Keajaibannya
×

Adsense

Adsense Mobile

Sosial Media dan Keajaibannya

Selasa, 26 Oktober 2021 | 05:30 WIB Last Updated 2021-10-25T22:30:00Z



sosial media

Oleh: Dea Ananda

Mjnews.id - Salah satu bentuk dari perkembangan teknologi adalah ragamnya media sosial. Sejak awal perkembangan teknologi kemunculan media ini tiada henti dan terus berkembang dengan fitur-fitur yang menarik.

Berdasarkan laporan perusahaan media di Inggris, We Are Social, bekerja sama dengan Hootsuite, keduanya merilis laporan "Digital 2021: The Latest Insights Inti The State of Digital" yang diterbitkan pada 11 Februari 2021. Menurut laporan tersebut pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai 170 juta orang. 

Media sosial bukan hanya sebagai komunikasi, seiring berkembangnya zaman dan ragam media sosial itu sendiri kini fungsi media sosial makin banyak dan beragam. mulai dari media hiburan, menulis, bertukar pikiran, media ekonomi. Semua dilakukan lewat media sosial sebagai bentuk multifungsi dari media itu sendiri. 

Diketahui juga, media sosial memiliki power yang tidak bisa diremehkan begitu saja. Media sosial seolah memiliki keajaiban yang dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan berbagai masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh lembaga atau institusi yang seharusnya bertanggung jawab. Luasnya jangkauan media sosial dan banyaknya pengguna aktif membuat media sosial menjadi pusat dunia kedua setelah dunia nyatanya. 

Seperti yang baru-baru ini terjadi, seorang pengguna twitter bernama Nathan mencari adiknya yang telah hilang selama 5 tahun melalui twitter. Peristiwa ini sudah sempat dilaporkan ke pihak berwajib pada saat kejadian, namun tidak membuahkan hasil sama sekali. Namun, pihak keluarga tidak berhenti berusaha, Nathan sang kakak mencoba menggunakan kekuatan media, twitter do ur magic!

Dalam waktu 24 jam, sang adik yang telah hilang selama 5 tahun kembali ke pelukan keluarganya setelah dibantu media dan netizen. 

Contoh lain yang pernah terjadi adalah saat terjadi bencana alam banjir, masyarakat yang terjebak banjir misalnya menggunakan media sosial untuk mencari pertolongan dan mendapatkan informasi terkait pusat bantuan.

Peristiwa ini merupakan salah satu bukti betapa ajaibnya media sosial. informasi tersebar dengan cepat dan menjangkau massa secara menyeluruh. Tidak dapat dipungkiri juga melalui media sosial berbagai kepentingan dan masalah lebih cepat terselesaikan dan ditangani oleh pihak yang semestinya.

Media sosial juga merupakan tempat terjadinya sanksi sosial bagi pelanggar norma dan budaya yang berlaku di masyarakat. Media sosial juga merupakan wadah untuk menghimpun opini publik. Melalui media sosial netizan bisa menyatukan suara untuk melakukan tindakan yang bersifat membangun atau menjatuhkan karier, reputasi maupun kebijakan publik yang berlaku.

Kekuatan yang dimiliki media sosial ini juga tidak lepas dari seberapa aktif dan responsive penggunanya. Hal-hal yang terjadi melalui media sosial sejatinya adalah bentuk respons dari masyarakat terhadap sebuah informasi.

Media sosial akan menjadi platform yang sangat bermanfaat dalam segala aspek apabila digunakan dengan bijak karena banyak isu sosial yang diangkat ke jalur hukum atau mendapat penanganan kembali setelah viral melalui media sosial.

Seperti yang baru-baru ini juga terjadi mengenai kasus oknum polisi yang melakukan tindakan repsesif terhadap mahasiswa yang sedang melakukan aksi demonstrasi di Tangerang. Setelah viral di media sosial akhirnya tindakan oknum tersebut mendapat penanganan dari pihak yang bertanggung jawab.

Jadi, kesimpulan yang dapat diambil adalah, bahwasanya kekuatan media itu bukan hal yang dapat diremehkan begitu saja. Media sosial menghimpun semua informasi dan opini publik seperti yang dikatakan oleh Abraham Lincoln, “public opinion is everything”. Social media is a magic, nyata adanya.


(***)

Penulis, Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Andalas Padang

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update