Warga Antusias Sambut Penggunaan Excavator di Anau Kadok Nagari Talang Solok
×

Adsense

Adsense Mobile

Warga Antusias Sambut Penggunaan Excavator di Anau Kadok Nagari Talang Solok

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 04:00 WIB Last Updated 2021-10-23T07:15:59Z

loading...
Launching Penggunaan Excavator di Anau Kadok Nagari Talang
Launching Penggunaan Excavator di Anau Kadok Nagari Talang, Kabupaten Solok.

Arosuka, Mjnews.id - Bupati Solok, Epyardi Asda, M.Mar mengunjungi Jorong Anau Kadok Nagari Talang Kecamatan Gunung Talang, Kamis 21 Oktober 2021.

Kedatangan Bupati beserta disambut antusias warga setempat. Dalam sambutannya Walinagari Talang Zulpadri mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati bersama rombongan, pada acara peluncuran penggunaan excavator dan goro bersama masyarakat Jorong Anau Kadok Nagari Talang.

Adanya bantuan excavator untuk kecamatan merupakan sesuatu yang sudah lama dinanti-nantikan oleh masyarakat, apalagi keberadaan excavator dapat dimanfaatkan untuk membuka jalan usaha tani yang ada khususnya di Jorong Anau Kadok.

“Pembukaan jalan usaha tani Ini adalah harapan dan cita-cita kami dari dahulu, alhamdulillah dimasa kepemimpinan Bapak Bupati sudah dapat terwujud,” ungkap Zulpadri.

Lebih lanjut Ia menjelaskan ada sekitar 300 Ha lahan tidur yang belum terkelola dengan baik, padahal kondisi tanah nyaman pinggiran kota. Ia berharap adanya bantuan bibit dari pemerintah yang nantinya akan ditanam di lahan yang ada seperti Alpukat, Pisang, Jagung atau Pepaya.

Hal tersebut Bupati Solok mengaku senang karena sudah menepati janjinya semasa kampanye dulu. Dengan adanya excavator akan memudahkan dan meringankan beban masyarakat, terutama masyarakat petani yang ada di Kabupaten Solok. Dengan terbukanya akses jalan usaha tani tentu akan berdampak baik bagi distribusi hasil panen untuk kemudian dapat dipasarkan, sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Saya Melihat hal tanah di sini Sangat subur untuk review Lahan pertanian, untuk review ITU selanjutnya telkom Pemerintah Daerah untuk review membina Petani hearts get hasil temuan yang lebih baik. Penggunaan ekskavator ini adalah untuk membuka jalan usaha tani dengan cara gotong royong dan semua biaya yang ditimbulkan termasuk operator dan pemeliharaanya adalah tanggung jawab pemerintah daerah, Walinagari hanya menyediakan BBMnya saja,” ujar Bupati.

Bupati juga mengatakan jalan yang sudah selesai dibuka akan dilakukan. Kepada Walinagari diminta untuk mendata masyarakat yang memiliki lahan, dan pemilik lahan diminta untuk menggali lubang yang nantinya akan ditanami dengan bibit gratis dari pemerintah daerah. Jika mendukung Bupati juga akan mengupayakan air dan listrik ke ladang-ladang warga tersebut.

“Di sini Saya lihat Cocok Untuk Tanaman Alpukat, pepaya Dan pisang, untuk review ITU silahkan pak wali didata gapoktannya, Nanti kitd akan berikan bibitnya through Dinas Pertanian. Bagi masyarakat yang memiliki lahan dan sudah membentuk gapoktan silahkan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian untuk mendapatkan bibit gratis” imbuh Bupati.

Usai memberikan sambutan Bupati Epyardi Asda bersama masyarakat meninjau pembukaan jalan usaha tani di Jorong Anau Kadok Nagari Talang.

(zal)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update