Ayo Kunjungi! Ada Replika Getek Bambu Sebagai Wahana Foto di Semawung Purworejo
×

Adsense

Adsense Mobile

Ayo Kunjungi! Ada Replika Getek Bambu Sebagai Wahana Foto di Semawung Purworejo

Minggu, 07 November 2021 | 16:00 WIB Last Updated 2021-11-07T11:23:01Z


loading...

Replika Getek Bambu
Replika Getek Bambu Sebagai Kenang-kenangan Warga Semawung Purworejo.

Purworejo, MJNews.id - Rakit bambu atau getek merupakan alat transportasi penyeberangan sungai yang dulu digunakan oleh masyarakat Dusun Kenyaen, Desa Semawung, Kecamatan Purworejo, Jawa Tengah dan sekitarnya. Saat ini tinggal menjadi kenangan, setelah dibangunnya jembatan gantung bantuan hibah dari Swiss.

Guna mengenang sejarah agar rakit bambu atau getek sebagai alat transpormasi penyeberangan bagi masyarakat tidak dilupakan dan tetap dikenang Dusun Kenyaen dan sekitarnya, panitia pembangunan jembatan gantung Desa Semawung membuat replika rakit bambu di dekat jembatan gantung.

Pembuatan replika dimulai pada Rabu 3 November 2021 yang dipelopori oleh sesepuh Dusun Kenyaen Bontono yang akrab dipanggil Mbah Bon, tinggal dalam tahap penyempurnaan.

jembatan gantung bantuan hibah dari Swiss
Jembatan gantung bantuan hibah dari Swiss.

Mbah Bon menjelaskan, bambu yang digunakan membuat replika rakit didapat dari swadaya masyarakat Dukuh Kenyaen dan Semawung umumnya.

Selain untuk mengenang, juga dijadikan salah satu wahana untuk foto-foto pengunjung karena di sekitar area jembatan sudah ada pasar tiban yang setiap hari minggu banyak dikunjungi wisatawan lokal Purworejo bahkan dari luar kota juga ada. 

Saat salah satu tim fasilitasi jembatan, M. Taufik berkunjung guna melihat jembatan merasa puas dan bangga dengan masyarakat Desa Semawung yang kreatif menjadikan jembatan gantung yang ke-16 di Purworejo menjadi tempat wisata sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

pasar tiban

"Semoga hasil jerih payah masyarakat membangun jembatan gantung ini bisa terobati dengan ramainya pasar tiban di sekitar jembatan," katanya.

"Tim berpesan agar jembatan gantung dirawat dengan baik dan berkala sehingga awet," pungkasnya.

(fix)

Iklan Kiri Kanan

Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update