Angka Kemiskinan di Kota Padang Turun Melebihi Target RPJMD
×

Adsense

Adsense Mobile

Angka Kemiskinan di Kota Padang Turun Melebihi Target RPJMD

Rabu, 17 November 2021 | 06:00 WIB Last Updated 2021-11-16T23:00:00Z

loading...
Rapat Koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kota Padang
Rapat Koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kota Padang Tahun 2021, di Premier Hotel Santika, Jl. Ahmad Yani No. 20 Padang, Selasa pagi (16/11/2021).  (humas)

PADANG, Mjnews.id - Pada tahun 2020 angka kemiskinan di Kota Padang 4,40% turun dari angka sebelumnya 4,48% di tahun 2019. Ini sudah melebihi dari yang ditargetkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2024 yaitu 4,65%.

Demikian disampaikan Wali Kota Padang Hendri Septa saat membuka Rapat Koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kota Padang Tahun 2021, di Premier Hotel Santika Padang, Jl. Ahmad Yani No.20 Padang, Selasa pagi (16/11/2021). 

"Walau di masa pandemi, ternyata kita dapat menurunkan angka kemiskinan, hal ini dikarenakan banyak bantuan langsung tunai dan bantuan sembako diberikan kepada masyarakat serta tingginya sikap kegotongroyongan warga Kota Padang"," ungkap Wako Hendri Septa.

Hendri Septa menambahkan, Pemerintah Kota Padang telah dan sedang melaksanakan beberapa program penanggulangan kemiskinan seperti diamanatkan oleh Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2010 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.

Diantaranya, menggunakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebagai data sasaran dalam penanggulangan kemiskinan, mensinergikan program yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat pemerintah kota dan antar OPD. 

"Saya menyambut baik bahwa program penanggulangan kemiskinan ini telah diprogramkan secara menyeluruh oleh masing-masing OPD dilingkup Pemerintah Kota Padang. Semoga ini hal dapat menurunkan angka kemiskinan di Kota Padang," ucap Wako.

Pemimpin Kota Padang itu berharap, melalui rapat koordinasi ini dapat lebih fokus pada program-program yang ditujukan kepada masyarakat miskin, supaya masyarakat yang masih berada di bawah garis kemiskinan dapat lebih diperhatikan. 

"Kita juga berharap melalui upaya tersebut pembangunan dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Kota Padang," pungkas Wako Hendri Septa didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Endrizal.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Padang Yenni Yuliza mengatakan, TKPKD merupakan wadah koordinasi lintas sektor dan lintas pemangku kepentingan untuk penanggulangan kemiskinan di Kota Padang.

"Melalui lembaga ini dapat dilihat perkembangan kondisi kemiskinan dan perkembangan pelaksanaan program kegiatan penanggulangan kemiskinan di Kota Padang terutama pada masa pandemi covid-19," jelasnya.

Adapun peserta dari peserta rapat koordinasi percepatan penanggulangan kemiskinan terdiri dari seluruh SKPD yang termasuk dalam keanggotaan TKPKD Kota Padang, camat, badan usaha, LKAAM, Bundo Kanduang, Baznaz, LPM, LSM dan lembaga terkait lainnya.

(Prokopim Pdg)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update